ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA AGROINDUSTRI BERBAHAN UBI KAYU DI DESA SIGERONGAN KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Willi Gumbira, Sofa (2023) ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA AGROINDUSTRI BERBAHAN UBI KAYU DI DESA SIGERONGAN KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Willi_G._Sofa_-_Revisi_ke-6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_Willi_Gumbira_Sofa_revisi_2-1.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Agroindustri merupakan suatu kegiatan industri yang memanfaatkan produk primer hasil pertanian sebagai bahan baku berbagai industri. salah satunya komoditi ubi kayu yang diolah menjadi kerupuk rengginang. Agroindustri berbahan ubi kayu ini selain bisa mendapatkan keuntungan bagi pengrajin manfaat lainnya adalah menyerap tenaga kerja di Desa Sigerongan Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat karena dalam pengolahannya membutuhkan tenaga kerja untuk mempercepat proses produksi dan jumlah produksi. Tujuan penelitian untuk: (1) untuk mengetahui jumlah tenaga kerja yang mampu diserap pada agroindustri berbahan ubi kayu di Desa Sigerongan Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat dan; (2) untuk mengetahui komposisi tenaga kerja yang diserap pada Agroindustri berbahan ubi kayu di Desa Sigerongan Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan cara pengumpulan data menggunakan teknik survei berupa wawancara langsung dengan responden. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sigerongan Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Desa Sigerongan terdiri atas enam dusun dan ditetapkan satu dusun sebagai daerah sampel, yaitu Dusun Sigerongan. Penentuan dusun sampel dilakukan secara “Purposive Sampling” dengan pertimbangan bahwa dusun tersebut merupakan satu-satunya dusun yang masih terdapat usaha agroindustri berbahan ubi kayu di Desa Sigerongan Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yang Penentuan responden dilakukan secara metode sensus, yaitu diambil semua pengrajin ubi kayu sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) jumlah tenaga kerja yang diserap pada agroindustri berbahan ubi kayu di Desa Sigerongan Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat per bulan, senilai 38,82 HKO, yang terdiri atas tenaga kerja dalam keluarga (TKDK) senilai 22,54 HKO (58%) dan tenaga kerja luar keluarga (TKLK) senilai 16,28 HKO (42%). (2) komposisi tenaga kerja yang diserap pada agroindustri berbahan ubi kayu di Desa Sigerongan Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat adalah tenaga kerja perempuan senilai 36,81 HKO (94%) dan laki-laki senilai 2,01 HKO (6%). Bagi pengrajin agroindustri berbahan ubi kayu kerupuk rengginang yang ada di Desa Sigerongan Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat diharapkan untuk dapat terus meningkatkan dan mempertahankan usaha agroindustrinya, mengingat usaha agroindustri berbahan ubi kayu kerupuk rengginang dapat menyerap banyak tenaga kerja, sehingga diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran di desa setempat. 2 Pemerintah atau instansi terkait untuk dapat mendukung pengembangan usaha agroindustri berbahan ubi kayu di desa tersebut, baik itu secara bantuan pelatihan, pendanaan dan informasi terkait perkembangan cuaca.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penyerapan Tenaga Kerja, Agroindustri Berbahan Ubi Kayu
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Aug 2023 23:49
Last Modified: 07 Aug 2023 23:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42046

Actions (login required)

View Item View Item