PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA JENIS TANAMAN KACANG-KACANGAN DENGAN PENAMBAHAN PUPUK KANDANG SAPI DI LAHAN KERING KABUPATEN LOMBOK UTARA

MARI, ANTI (2023) PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA JENIS TANAMAN KACANG-KACANGAN DENGAN PENAMBAHAN PUPUK KANDANG SAPI DI LAHAN KERING KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MARIANTI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL MARIANTI.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan dan hasil tiga jenis tanaman kacangkacangan. Percobaan dirancang dengan Rancangan Petak Terbagi (Split Plot Design) yang terdiri atas 2 faktor perlakuan yaitu: jenis tanaman dan dosis pupuk. Petak Utama (jenis tanaman kacang-kacangan) yaitu, KD (tanaman kedelai, KT (tanaman kacang tanah), dan KH (tanaman kacang hijau). Anak petak (penambahan pupuk kandang) P0 : Tanpa penambahan pupuk kandang + 300 kg/ha phonska, P1 : Penambahan pupuk kandang 5 t/ha + 150 kg/ha phonska, P2 : Penambahan pupuk kandang 10 t/ha + 150 kg/ha phonska, dan P3 : Penambahan pupuk kandang 15 t/ha + 150 kg/ha phonska. Dengan demikian diperoleh 12 2 2 kombinasi perlakuan, yaitu KDP0, KDP1, KDP2, KDP3, KTP0, KTP1, KTP2, KTP3, KHP0, KHP1, KHP2, KHP3. Setiap kombinasi perlakuan diulang 3 kali sehingga didapatkan 36 bedeng percobaan. Data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan analisis keragaman pada taraf nyata 5% dan apabila terdapat pengaruh nyata maka dilakukan uji lanjut menggunakan BNJ pada taraf 5 % program menggunakan CoStat for window. Hasil penelitian menunjukkan Tanaman kedelai memberikan hasil terbaik jika ditanam di lahan kering, dibandingkan dengan tanaman kacang tanah dan kacang hijau, karena kedua tanaman tersebut lebih rentan terhadap kondisi kekeringan. Dosis pupuk 10 t/ha pupuk kandang sapi + 300 g Phonska memberikan hasil yang tinggi pada sebagian besar komponen hasil. Karena dosis tersebut merupakan dosis yang optimal, yang ketersediaan unsur haranya sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh tanaman kacang-kacangan yang ditanam di lahan kering.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kedelai, kacang tanah, kacang hijau, pupuk kandang
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Aug 2023 05:15
Last Modified: 09 Aug 2023 05:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42060

Actions (login required)

View Item View Item