VIOLATION OF GRICEAN MAXIM IN SUCCEEDING CONVERSATION IN DEDDY CORBUZIER‘S PODCAST WITH NADIEM MAKARIM: A PRAGMATIC STUDY

ADE LATIVA, FITRI VIOLATION OF GRICEAN MAXIM IN SUCCEEDING CONVERSATION IN DEDDY CORBUZIER‘S PODCAST WITH NADIEM MAKARIM: A PRAGMATIC STUDY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Ade Lativa_REVISI Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ARTICLE - ADE LATIVA FITRI- E1D016001.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan pelanggaran terhadap Gricean Maxim dalam mensukseskan percakapan serta strategi yang digunakan dalam percakapan di dalam podcast Deddy Corbuzier. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil studi ini menunjukkan kemunculan empat jenis pelanggaran maksim dengan total 29 pelanggaran. Pelanggaran tertinggi terjadi pada maksim kuantiti (38%) dan maksim cara (38%), masingmasing terjadi sebanyak 11 kali. Seluruh pelanggaran menggunakan strategi humor dan kesopanan. Dari 29 pelanggaran, 29 di antaranya (97%) mengimplementasikan strategi kesopanan. Kemudian hanya satu (3%) saja yang menggunakan strategi humor. Kesimpulannya, studi ini memperkenalkan perspektif segar tentang Gricean Maxim dengan menentukan strategi pelanggaran percakapan dalam podcast. Studi ini memberikan pandangan tentang bagaimana figure publik seperti Deddy Corbuzier dan Nadiem Makarim melanggar aturan komunikasi untuk menciptakan humor, hiburan, dan keterlibatan untuk mencapai tujuan percakapan. Implikasi studi ini adalah untuk memperluas praktek komunikasi, riset linguistic, pembentukan media, pendidikan, dan pemahaman lintas budaya. Pandangan didapatkan dari analisis pelanggaran terhadap Gricean Maxim yang relevan untuk memperkaya aspek komunikasi dan interaksi manusia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pragmatik, Gricean Maxim, Pelanggaran Maksim, Humor, Kesopanan, Podcast.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Aug 2023 05:15
Last Modified: 09 Aug 2023 05:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42061

Actions (login required)

View Item View Item