PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK BERLAPIS METALIZE JENIS POLYPROPYLENE (PP) MENGGUNAKAN METODE PIROLISIS ELEKTRIK MENJADI BAHAN BAKAR MINYAK

ALVIN, SAHBANDI (2023) PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK BERLAPIS METALIZE JENIS POLYPROPYLENE (PP) MENGGUNAKAN METODE PIROLISIS ELEKTRIK MENJADI BAHAN BAKAR MINYAK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA AS FIX TTD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal AS FIX.pdf

Download (970kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Alvin Sahbandi.JPG

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan sampah plastik dengan menggunakan metode proses pirolisis elektrik, dimana pada metode ini terjadinya suatu proses degradasi termal terhadap senyawa yang terkandung pada sampah plastik, dengan proses pemanasan yang bersumber dari energi listrik pada temperatur suhu yang tinggi tanpa adanya oksigen, terjadi didalam ruangan reaksi yang vakum. Didalam menggunakan metode proses pirolisis elektrik ini nantinya dapat menghasilakan bahan bakar minyak dari sampah palastik dengan kualitas dan kuantitas yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variasi temperatur pemanasan terhadap perolehan bahan bakar minyak dan sifat fisik dari bahan bakar minyak hasil proses pirolisis elektrik. Sampah plastik yang digunakan yaitu sampah plastik berlapis metalize jenis polypropylene (PP) seperti pembungkus jajan makanan snack, biskuit, wafer dan sejenisnya yang berlapiskan metalize. Proses pirolisis elektrik ini menggunakan reaktor berjenis batch berbentuk tabung tertutup yang dilapisi dengan glasswool dan alumunium foil sehingga pemanasan pirolisis yang terjadi bisa lebih cepat, bahan bakunya sebanyak 500 gram, dilakukan pada variasi temperatur diantara 300oC, 325oC, dan 350oC. Bahan bakar minyak hasil pirolisis elektrik terbanyak didapatkan pada variasi temperatur pengujian 350oC sebanyak (102,27 gr (20,454%) dengan volume 145 ml dan residu 100,929 gr (20,186%)), untuk perolehan hasil viskositas, massa jenis dan nilai kalor dari bahan bakar minyak yang terbaik dan tertinggi didapatkan pada temperatur pengujian 300oC sebesar (59,68 cP, 786,69 kg/ dan 21,931 MJ/kg).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemanpaatan sampah, sampah plastik, pirolisis elektrik, bahan bakar minyak, sifat fisik.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Aug 2023 05:15
Last Modified: 09 Aug 2023 05:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42065

Actions (login required)

View Item View Item