PERILAKU KONSUMTIF PEMAIN GAME ONLINE SMARTPHONE DENGAN SISTEM MICROTRANSACTION DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS MATARAM

BAGUS KURNIA, ROBBANI (2023) PERILAKU KONSUMTIF PEMAIN GAME ONLINE SMARTPHONE DENGAN SISTEM MICROTRANSACTION DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAGUS KURNIA ROBBANI (L1C017014) PERILAKU KONSUMTIF PEMAIN GAME ONLINE SMARTPHONE DENGAN SISTEM M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_PERILAKU KONSUMTIF PEMAIN GAME ONLINE SMARTPHONE DENGAN SISTEM MICROTRANSACTION DI KALANGA.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Perkembangan game online smartphone yang memunculkan sistem microtransaction, menjadi salah satu penyebab berkembangnya perilaku konsumtif mahasiswa pemain game online. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan memberikan gambaran bagaimana bentuk perilaku konsumtif mahasiswa serta implikasinya terhadap perilaku sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi partisipatif dan hasil dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bentuk-bentuk perilaku konsumtif mahasiswa pemain game online smartphone yaitu melakukan pembelian impulsif, pembelian kompulsif dan pembelian status. Implikasi perilaku konsumtif terhadap perilaku sosial yakni pemain akan merasa lebih superior (disegani, dihargai, dan diakui) sehingga membuat mahasiswa pemain game online smartphone lebih banyak berinteraksi di dalam game online dibandingkan dengan di dunia nyata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perilaku konsumtif, mahasiswa, microtransaction, game online
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:22
Last Modified: 09 Aug 2023 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42082

Actions (login required)

View Item View Item