BAGUS KURNIA, ROBBANI (2023) PERILAKU KONSUMTIF PEMAIN GAME ONLINE SMARTPHONE DENGAN SISTEM MICROTRANSACTION DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BAGUS KURNIA ROBBANI (L1C017014) PERILAKU KONSUMTIF PEMAIN GAME ONLINE SMARTPHONE DENGAN SISTEM M.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
JURNAL_PERILAKU KONSUMTIF PEMAIN GAME ONLINE SMARTPHONE DENGAN SISTEM MICROTRANSACTION DI KALANGA.pdf Download (295kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan game online smartphone yang memunculkan sistem microtransaction, menjadi salah satu penyebab berkembangnya perilaku konsumtif mahasiswa pemain game online. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan memberikan gambaran bagaimana bentuk perilaku konsumtif mahasiswa serta implikasinya terhadap perilaku sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi partisipatif dan hasil dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bentuk-bentuk perilaku konsumtif mahasiswa pemain game online smartphone yaitu melakukan pembelian impulsif, pembelian kompulsif dan pembelian status. Implikasi perilaku konsumtif terhadap perilaku sosial yakni pemain akan merasa lebih superior (disegani, dihargai, dan diakui) sehingga membuat mahasiswa pemain game online smartphone lebih banyak berinteraksi di dalam game online dibandingkan dengan di dunia nyata.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Perilaku konsumtif, mahasiswa, microtransaction, game online |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:22 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 07:22 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42082 |
Actions (login required)
View Item |