ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI ALPUKAT DI KECAMATAN PRINGGASELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Lalu Hergi, Rinaldi (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI ALPUKAT DI KECAMATAN PRINGGASELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi1 HERGI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI ALPUKAT DI KECAMATAN PRINGGASELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR.pdf

Download (716kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk (1) menganalisis pendapatan dari usahatani alpukat di Desa Timbanuh Kecamatan Pringgasela. (2) menganalisis faktor faktor yang berpengaruh terhadap pendapatan petani alpukat di Kecamatan Pringgasela. (3) menganalisis kontribusi pendapatan usahatani alpukat terhadap pendapatan rumah tangga petani di Kecamatan Pringgasela. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Unit analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah pelaku usahatani alpukat di Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur. Metode pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara langsung menggunakan daftar pertanyaan (kuesioner). Penentuan jumlah responden dilakukan menggunakan rumus Slovin sebanyak 41 yaitu dari total populasi petani di Desa Pengadangan, Desa Pengadangan Barat, dan Desa Timbanuh Kecamatan Pringgasela. Penentuan responden dilakukan secara Simpel Random Sampling. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendapatan rata-rata yang diperoleh petani alpukat di Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur sebesar Rp. 4.939.293/LLG, dan sebesar Rp. 9.878.586/Ha. (2) faktor faktor yang mempengaruhi pendapatan petani alpukat adalah luas lahan dan pengalaman usahatani. (3) Kontribusi usahatani alpukat terhadap pendapatan rumah tangga petani di Kecamatan Pringgasela sebesar 6%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Aug 2023 10:03
Last Modified: 10 Aug 2023 10:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42096

Actions (login required)

View Item View Item