ANALISIS PSIKOLOGIS TOKOH ‘AKU’ DALAM KUMPULAN CERPEN DI TENGAH KELUARGA KARYA AJIP ROSIDI DENGAN KAJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Windiastari, Bq. Erni (2016) ANALISIS PSIKOLOGIS TOKOH ‘AKU’ DALAM KUMPULAN CERPEN DI TENGAH KELUARGA KARYA AJIP ROSIDI DENGAN KAJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text (Bahasa Indonesia)
isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Analisis Psikologis Tokoh „Aku‟ dalam Kumpulan Cerpen Di Tengah Keluarga Karya Ajip Rosidi dengan Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow dan Kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di SMA ini memiliki masalah pokok yang telah dirumuskan menjadi dua bagian, yaitu: (1) Bagaimanakah psikologis tokoh „aku‟ dalam kumpulan cerpen Di Tengah Keluarga karya Ajip Rosidi jika dikaji dengan teori psikologi humanistik Abraham Maslow? (2) Bagaimanakah kaitan hasil analisis psikologis tokoh „aku‟ berdasarkan teori psikologi Humanistik dengan pembelajaran sastra di SMA? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan psikologis tokoh „aku‟ dalam kumpulan cerpen Di Tengah Keluarga karya Ajip Rosidi berdasarkan teori psikologi humanstik Abraham Maslow serta menemukan kaitannya dengan pembelajaran di SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kepustakaan dan teknik catat, selanjutnya metode yang digunakan untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa kutipan atau dialog-dialog tokoh yang terdapat di dalam kumpulan cerpen Di Tengah Keluarga karya Ajip Rosidi yang berkaitan dengan psikologis tokoh „aku‟ berdasarkan analisis psikologi humanistik Abraham Maslow. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tokoh „aku‟ adalah orang yang sangat tabah, tidak mudah putus asa, terbuka, jujur, kreatif, cerdas, penyayang, dan memiliki jiwa sosial yang tinggi jika dilihat berdasarkan teori kebutuhan bertingkat Abraham Maslow, selanjutnya (2) hasil analisis psikologi tokoh „aku‟ berdasarkan kajian humanistik Abraham Maslow memiliki kaitan dengan pembelajara sastra di SMA, sebagaimana yang telah tertera dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada silabus kelas XI semester genap dalam SK 13. Memahami pembacaan cerpen dan KD 13.1 Mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis psikologis, tokoh ‘aku’, pembelajaran sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 25 Aug 2017 03:56
Last Modified: 25 Aug 2017 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/421

Actions (login required)

View Item View Item