ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI SELULOLITIK SALURAN PENCERNAAN ANGSA (Cygnus olor) UNTUK MENDUKUNG DEGRADASI PAKAN SERAT

MUHAMMAD SUBHAN, BAHRUDDIN ROSYIDI (2023) ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI SELULOLITIK SALURAN PENCERNAAN ANGSA (Cygnus olor) UNTUK MENDUKUNG DEGRADASI PAKAN SERAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
B1D019182_Muhammad Subhan Bahruddin Rosyidi_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
B1D019182_Muhammad Subhan Bahruddin Rosyidi_PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Bakteri selulolitik merupakan bakteri penghasil enzim selulase yang mampu mendegradasi substrat selulosa. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi serta mengukur aktivitas enzim selulase bakteri selulolitik yang diisolasi dari saluran pencernaan angsa (Cygnus olor) di Mataram. Isolasi bakteri dilakukan dengan menggunakan media selektif de man rogosa sharpe (MRS) dengan metode spread plate. Kemudian dilanjutkan uji aktivitas enzim ekstraseluller yang dilakukan dengan cara menumbuhkan isolat murni terpilih pada media Carboxy Methyl Celullose 1% (CMC 1%) kemudian dituangkan cairan congo red 0,1% dan dibilas dengan larutan NaCl 1M untuk mengetahui adanya aktivitas selulolitik serta dilanjutkan pengukuran indeks selulolitik. Hasil isolasi bakteri diperoleh sebanyak 4 isolat yang memiliki aktivitas memecah selulosa. Indeks selulolitik tertinggi dihasilkan oleh isolat dengan kode S1 yang mencapai 0,68. sedangkan indeks selulolitik terendah dihasilkan oleh isolat dengan kode J2 1 mencapai 0,42.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Selulolitik, enzim selulase, degradasi serat, angsa.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Aug 2023 00:33
Last Modified: 14 Aug 2023 00:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42109

Actions (login required)

View Item View Item