SUBSTITUSI TEPUNG TAPIOKA DENGAN TEPUNG JAMUR TIRAM (Pleurotus ostreatus) PADA BAKSO DAGING ITIK PETELUR AFKIR DAN PENGARUHNYA TERHADAP SIFAT FISIK DAN ORGANOLEPTIK

Aulia, Huswatun (2023) SUBSTITUSI TEPUNG TAPIOKA DENGAN TEPUNG JAMUR TIRAM (Pleurotus ostreatus) PADA BAKSO DAGING ITIK PETELUR AFKIR DAN PENGARUHNYA TERHADAP SIFAT FISIK DAN ORGANOLEPTIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_AULIA HUSWATUN_B1D019029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_AULIA HUSWATUN_B1D019029.pdf

Download (672kB) | Preview

Abstract

Bakso merupakan makanan olahan yang terbuat dari daging ternak dari itik petelur afkir, sapi dan ayam serta merupakan bahan baku protein. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sifat fisik dan organoleptik pada substitusi tepung tapioka dengan tepung jamur tiram pada bakso daging itik petelur afkir. Uji sifat fisik dan organoleptik dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT) Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Materi penelitian yang digunakan adalah daging itik petelur afkir segar 330 g untuk setiap perlakuan, tepung jamur tiram P1 (20%), P2 (15%), P3 (10%), P4(5%), dan perbandingan penambahan tepung tapioka P1 (5%), P2 (10%), P3 (15%), P4 (20%) ditambah bumbu-bumbu pelengkap. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola searah dengan 4 pelakuan dan 4 ulangan. Data hasil penelitian dianalisis dengan Analisis Of Variance (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada substitusi tepung tapioka dengan tepung jamur tiram berpengaruh nyata (P<0,05) pada nilai pH dan rendemen bakso daging itik petelur afkir, sedangkan terhadap daya putus tidak berpengaruh nyata (P>0,05). Nilai organolpetik bakso daging itik petelur afkir berbeda sangat nyata (P<0,01) diantara perlakuan. Kesimpulan: Substitusi tepung tapioka 20% dan tepung jamur tiram 5% (P4) memberikan hasil yang disukai terhadap organoleptik bakso daging itik petelur afkir dengan pH tinggi (5,96), daya putus (0,17 kg/cm2 ) dan rendemen (102,50%) yang rendah dibandingkan dengan perlakuan lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): bakso, itik afkir, jamur tiram, tapioka, sifat fisik
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:24
Last Modified: 14 Aug 2023 03:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42112

Actions (login required)

View Item View Item