ISOLASI DAN UJI AKTIVITAS LIPOLITIK BAKTERI DARI BAHAN MAKANAN (KELAPA, PINANG, ALVUKAT, DAN TEMPE) DALAM RENTANG pH DAN SUHU

SITI, ROHIMAH (2023) ISOLASI DAN UJI AKTIVITAS LIPOLITIK BAKTERI DARI BAHAN MAKANAN (KELAPA, PINANG, ALVUKAT, DAN TEMPE) DALAM RENTANG pH DAN SUHU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SITI ROHIMAH_ (NIM_E1A017072).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
julnal enzim lipase lipolitik.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Lipase merupakan enzim yang banyak diaplikasikan dalam berbagai industri, sehingga mempunyai prospek ekonomi yang cerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan isolat bakteri lipolitik dari bahan makanan (kelapa, pinang, alpukat, dan tempe), mengetahui bagaimana aktivitas lipolitik bakteri dalam rentang pH (7-10) pada suhu ruang (27-30oC) dan 40oC, serta karakterisasinya. Isolasi bakteri lipolitik menggunakan medium selektif Rodamin B Olive Agar (ROA) yang disuplemen dengan minyak Zaitun. Selanjutnya dilakukan uji aktivitas lipolitik pada pH rentang 7-10, pada suhu ruang (27-30oC) dan 40oC. Karakterisasi isolat bakteri lipolitik meliputi morfologi koloni dan sel (pewarnaan Gram) serta uji aktivitas proteolitik dan amilolitik, hanya terhadap isolat terpilih. Dari isolasi diperoleh isolat bakteri lipolitik sebanyak 41 isolat; 26 isolat berasal dari buah kelapa, 4 isolat dari buah pinang, 7 isolat dari tempe dan 4 isolat dari daging buah alpukat. Dari 41 isolat dipilih 6 isolat dengan zona bening terbesar untuk diuji pH dan suhu. Hasil uji data berdasarkan Kruskal Wallis menunjukkan aktivitas lipolitik bakteri terhadap perlakuan pH (7-10) dan suhu (suhu ruang dan suhu 40oC) tidak berbeda nyata. Karakterisasi isolat K1A1, K1A2, dan K10 dengan aktivitas lipolitik tertinggi menunjukkan morfologi sel berbentuk coccus dan bersifat Gram positif namun morfologi koloni ketiga isolat berbeda-beda. Isolat K1A1 menunjukkan 3 aktivitas enzim (protease, amilase dan lipase). Sedangkan isolat K1A2 menunjukkan aktivitas enzim protease dan lipase serta isolat K10 yang hanya menunjukkan aktivitas lipase.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas Lipolitik Bakteri, pH dan Suhu, Bahan Makanan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:24
Last Modified: 14 Aug 2023 03:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42113

Actions (login required)

View Item View Item