PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING (CURAH PENDAPAT) PADA MATERI POKOK PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

FAUZAN, MUHAMMAD (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING (CURAH PENDAPAT) PADA MATERI POKOK PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I- BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (980kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII-1 SMP Negeri 3 Mataram tahun pelajaran 2014/2015 pada materi persamaan linear satu variabel. Kelas VII-1 memiliki aktivitas dan hasil belajar yang masih rendah, hal tersebut disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang kurang efektif. Untuk mengatasinya diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu solusi alternatif dari permasalahan tersebut adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik brainstorming (curah pendapat). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Masing-masing siklus dilakukan dalam dua pertemuanData aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui pemberian tes pada setiap akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: 1) Aktivitas belajar siswa meningkat apabila aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan rata-rata skor aktivitas siswa meningkat pada siklus berikutnya; 2) hasil belajar siswa dikatakan telah meningkat apabila terjadi peningkatan rata-rata nilai sebelumnya dan rata-rata nilai siswa minimal 70, selain itu ketuntasan secara klasikal minimal 85 % siswa mencapai nilai ≥70. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada rata-rata skor aktivitas belajar siswa dan rata-rata skor hasil belajar siswa. Rata- rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 12,17 (kategori cukup aktif) dan 14,66 (kategori aktif). Rata-rata skor hasil belajar siswa pada siklus I adalah 69,46 dengan persentase ketuntasan 76,92% dan pada siklus II menjadi 77,50 dengan persentase ketuntasan 88,46%. Hasil yang diperoleh sudah mencapai indikator keberhasilan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik brainstorming (curah pendapat) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII-1 SMP Negeri 3 Mataram tahun pelajaran 2014/2015 pada materi persamaan linear satu variabel.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : Model pembelajaran berbasis masalah; teknik brainstorming; aktivitas belajar; hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 May 2018 01:02
Last Modified: 24 May 2018 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4212

Actions (login required)

View Item View Item