PENGARUH AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK N-HEKSAN Centella asiatica TERHADAP ISOLAT KLINIS Pseudomonas aeruginosa MULTIDRUG RESISTENCE (MDR)

MUHAMMAD FASIHUL, LISAN (2023) PENGARUH AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK N-HEKSAN Centella asiatica TERHADAP ISOLAT KLINIS Pseudomonas aeruginosa MULTIDRUG RESISTENCE (MDR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Muhammad Fasihul Lisan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel (Jurnal)_Muhammad Fasihul Lisan.pdf

Download (659kB) | Preview
[img] Slideshow
PPT Seminar Hasil_Muhammad Fasihul Lisan.pptx

Download (6MB)

Abstract

Kematian akibat resistensi antimikroba saat ini diperkirakan sekitar 1,27 juta orang di seluruh dunia. Infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh Pseudomonas aeruginosa Multidrug Resistence (MDR) memiliki angka kematian yang tinggi. Penanganan resistensi antibiotik diperlukan senyawa alternatif yang berpotensi sebagai agen antibakteri, salah satunya yaitu Centella asiatica. Centella asiatica mempunyai senyawa bioaktif yang berfungsi sebagai antibakteri yaitu alkaloid, flavonoid, tanin, fenol, dan terpenoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil fitokimia dan pengaruh aktivitas antibakteri ekstrak n-heksan Centella asiatica terhadap Isolat Klinis Pseudomonas aeruginosa Multidrug Resistence (MDR). Metode ekstraksi menggunakan sonikasi dengan pelarut nheksan. Pengujian aktivitas antibakteri menggunakan metode difusi cakram. Kontrol positif menggunakan colistin untuk pengujian dan kontrol negatif menggunakan larutan n-heksan. Seri konsentrasi ekstrak n-heksan Centella asiatica yang digunakan sebesar 1000 ppm, 3000 ppm, dan 5000 ppm. Aktivitas antibakteri ekstrak n-heksan Centella asiatica diukur berdasarkan diameter zona hambat yang terbentuk di sekitar cakram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak n-heksan Centella asiatica mengandung senyawa steroid yang diidentifikasi dengan uji tabung dan tidak mempunyai aktivitas antibakteri dikarenakan tidak ada diameter zona hambat pada semua konsentrasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak n-heksan mengandung senyawa steroid namun tidak potensial dalam menghambat pertumbuhan Pseudomonas aeruginosa Multidrug Resistence (MDR).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Resistensi antibiotik, Centella asiatica, Pseudomonas aeruginosa, aktivitas antibakteri.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Aug 2023 23:42
Last Modified: 14 Aug 2023 23:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42122

Actions (login required)

View Item View Item