EFEKTIVITAS EKSTRAK BATANG TURI (Sesbania grandiflora) SEBAGAI ANTIOKSIDAN ALAMI TERHADAP KEMAMPUAN PENURUNAN BILANGAN PEROKSIDA MINYAK GORENG

ELVIO LAILATUL, JANNAH (2023) EFEKTIVITAS EKSTRAK BATANG TURI (Sesbania grandiflora) SEBAGAI ANTIOKSIDAN ALAMI TERHADAP KEMAMPUAN PENURUNAN BILANGAN PEROKSIDA MINYAK GORENG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TA II_Elvio Lailatul Jannah_K1A018027_FARMASI 18A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_Elvio Lailatul Jannah_K1A018027_FARMASI 18A.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Slideshow
Elvio Lailatul Jannah_K1A018027_PPT SEMHAS.pptx

Download (16MB)

Abstract

Minyak goreng yang dipanaskan akan membentuk peroksida dan jika berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh. Antioksidan dapat mengurangi pembentukan peroksida karena dapat menghambat oksidasi dari minyak akibat pemanasan. Antioksidan alami berupa senyawa fenolik dan flavonoid dapat diperoleh dari tumbuhan turi (Sesbania grandiflora) sehingga dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengurangi bilangan peroksida. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penambahan ekstrak batang turi dalam berbagai variasi konsentrasi yaitu 25 ppm, 30 ppm, 40 ppm, 50 ppm, 60 ppm, dan 70 ppm terhadap bilangan peroksida minyak goreng curah dan minyak goreng bermerk X. Batang turi diekstraksi menggunakan metode maserasi dengan pelarut etanol 70%. Ekstrak batang turi ditambahkan ke dalam minyak dengan variasi konsentrasi yang telah ditentukan kemudian diukur peroksida awal minyak. Minyak tersebut dipanaskan pada suhu 180oC selama 5 x 30 menit dengan jeda waktu 1 jam setiap setelah pemanasan, kemudian dilakukan pengukuran peroksida akhir pada minyak dengan kontrol positif yaitu penambahan TBHQ 180 mg/L dan kontrol negatif yaitu tanpa penambahan antioksidan. Data bilangan peroksida sebelum dan sesudah pemanasan dianalisis dengan SPSS (Statistical Product and Service Solutions) Statistics 26. Hasilnya didapatkan bahwa ekstrak batang turi pada semua variasi konsentrasi ekstrak dapat menurunkan bilangan peroksida minyak goreng bermerk X dan konsentrasi 70 ppm, 60 ppm, 50 ppm, 40 ppm dan 30 ppm pada minyak goreng curah sesudah pemanasan. Konsentrasi ekstrak batang turi minimum yang paling efektif dalam menurunkan bilangan peroksida minyak goreng bermerk X dan minyak goreng curah adalah 50 ppm. Pada minyak goreng bermerk X hanya konsentrasi 70 ppm yang menunjukkan penurunan berbeda dengan kontrol positif sedangkan pada minyak goreng curah hanya konsentrasi 70 ppm, 60 ppm dan 50 ppm yang menunjukkan penurunan berbeda dengan kontrol positif. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol batang turi dapat berpotensi menurunkan bilangan peroksida pada minyak setelah pemanasan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): minyak, bilangan peroksida, batang turi, antioksidan
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:53
Last Modified: 15 Aug 2023 02:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42125

Actions (login required)

View Item View Item