FORMULASI EMULGEL EKSTRAK ETANOL DAUN SAMBILOTO (Andrographis paniculate) SEBAGAI ANTIRADIKAL BEBAS MENGGUNAKAN METODE DPPH

RISWIDI, ANTI (2023) FORMULASI EMULGEL EKSTRAK ETANOL DAUN SAMBILOTO (Andrographis paniculate) SEBAGAI ANTIRADIKAL BEBAS MENGGUNAKAN METODE DPPH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RISWIDIANTI_K1A018071.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL RISWIDIANTI_K1A018071.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Slideshow
RISWIDIANTI_SEMHAS.pptx

Download (11MB)

Abstract

Radikal bebas dapat memicu terjadinya penuaan dini. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan senyawa yang memiliki aktivitas antiradikal bebas yang dapat diperoleh dari daun sambiloto. Penggunaan daun sambiloto sebagai antiradikal bebas pada kulit akan lebih efisien dan praktis pengaplikasiannya apabila diformulasikan menjadi sediaan emulgel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antiradikal bebas ekstrak dan emulgel ekstrak daun sambiloto serta mengetahui sifat fisik emulgel ekstrak daun sambiloto. Penelitian diawali dengan ekstraksi daun sambiloto menggunakan metode sonikasi dengan pelarut etanol 70%. Ekstrak selanjutnya dilakukan skrining fitokimia dan diformulasi menjadi sediaan emulgel. Ekstrak dan emulgel diuji aktivitas antiradikal bebas menggunakan metode DPPH. Selain itu, emulgel dievaluasi sifat fisiknya meliputi uji organoleptis, pH, homogenitas, viskositas, daya sebar, dan daya lekat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sambiloto memiliki kandungan flavonoid dan fenolik serta memiliki aktivitas antiradikal bebas dengan nilai IC50 sebesar 159,36 ± 0,59 µg/mL yang menunjukkan aktivitas antiradikal bebas tergolong lemah. Emulgel ekstrak daun sambiloto memenuhi syarat sifat fisik yang baik, berupa sediaan yang homogen, dengan pH 6,53 ± 0,03, daya sebar 5,69 ± 0,02 cm, daya lekat 3,02 ± 0,12 detik, dan viskositas 39,03 ± 0,74 cps. Nilai IC50 emulgel (F1) yaitu 169,37 ± 1,06 µg/mL yang menunjukkan aktivitas antiradikal bebas tergolong lemah. Hasil aktivitas antiradikal bebas yang diperoleh memiliki perbedaan signifikan antara ekstrak daun sambiloto, emulgel daun sambiloto (F1) dan basis emulgel (F0) berdasarkan uji statistik ANOVA satu arah dengan nilai p≤0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Andrographis paniculata, Antiradikal bebas, DPPH, Emulgel
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:53
Last Modified: 15 Aug 2023 02:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42126

Actions (login required)

View Item View Item