EVALUASI NILAI DAYA LELEH DAN NILAI ORGANOLEPTIK ES KRIM BERBAHAN DASAR SUSU KAMBING DENGAN PENAMBAHAN BAKTERI ASAM LAKTAT Lacobacillusplantarum dad 13

AHLUN, NAZAR (2023) EVALUASI NILAI DAYA LELEH DAN NILAI ORGANOLEPTIK ES KRIM BERBAHAN DASAR SUSU KAMBING DENGAN PENAMBAHAN BAKTERI ASAM LAKTAT Lacobacillusplantarum dad 13. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AHLUN NAZAR (B1D018010).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi Ahlun Nazar (B1D018010).pdf

Download (540kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai leleh dan nilai organoleptik es krim berbahan dasar susu kambing dengan penambahan Bakteri Asam Laktat Lactobacillus plantarum dad 13. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi dan Teknologi Pengolahan Pangan Fakuktas Teknologi Pangan dan Agroindustri Universitas Mataram pada bulan Juli sampai September 2022. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Faktorial. Dengan 3 perlakuan dan 3 ulangan sehingga diperoleh 9 unit percobaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetaui pengaruh es krim berbahan dasar susu kambing dengan penambahan Bakteri Asam Laktat Lactobacillus plantarum dad 13 terhadap nilai daya leleh dan nilai organoleptik, serta untuk mengetahui kombinasi terbaik dari produk es krim yang dihasilkan. Hasil penelitian menujukan bahwa penambahan Bakteri Asam Laktat pada es krim susu kambing sangat berpengaruh nyata (P <0,01) terhadap nilai daya leleh es krim, sementara untuk uji nilai organoleptik pada es krim tidak berpengaruh nyata (P > 0,05). Berdasarkan data hasil penlitian yang telah dilakukan nilai daya leleh sangat berpengaruh nyata yang sesuai standar Es Krim pada umumnya. Dan terjadi interaksi antara lama waktu inkubasi dengan waktu aging terhadap Nilai Daya Leleh Es Krim, sementara nilai organoleptik meliputi, warna, rasa, aroma, tekstur, dan penerimaan keseluruhan tidak berpengaruh nyata terhadap Es dan tidak terjadi interaksi antara lama waktu inkubasi dengan waktu aging terhadap nilai organoleptik es krim yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bakteri Asam Laktat Es krim, Nilai Daya Leleh, Nilai Organoleptik, Susu kambing
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:53
Last Modified: 15 Aug 2023 02:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42129

Actions (login required)

View Item View Item