PENGARUH WAKTU INKUBASI TERHADAP KADAR PROTEIN DAN SERAT KASAR CAMPURAN DEDAK DAN DARAH YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN CAIRAN RUMEN

Nur, Akmal (2023) PENGARUH WAKTU INKUBASI TERHADAP KADAR PROTEIN DAN SERAT KASAR CAMPURAN DEDAK DAN DARAH YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN CAIRAN RUMEN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Nur Akmal Skripsi B1D019194.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI Nur Akmal B1D019194.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Dedak dan darah sapi menarik untuk dikaji potensinya sebagai pakan ternak. Dedak padi merupakan hasil ikutan penggilingan padi atau sisa penumbukan padi yang penggunaannya dibatasi oleh kadar seratnya yang tinggi, dan penggunaan darah terbatas karena ketidak-seimbangan asam aminonya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama fermetasi menggunakan cairan rumen terhadap kandungan kualitas protein kasar dan serat kasar campuran dedak dan darah. Penelitian dilakukan di Laboratorium INMT Fakultas Peternakan Unram dan Laboratorium Bioteknologi Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Andalas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 4 perlakuan dan 4 kali ulangan sehingga terdapat 16 kali percobaan. Perlakuan pada penelitian terdiri dari P1 (lama fermentasi 0 hari), P2 (lama fermentasi 5 hari), P3 (lama fermentasi 10 hari), dan P4 (lama fermentasi 15 hari). Hasil penelitian menunjukan lama inkubasi tidak berpengaruh nyata terhadap kandungan bahan kering, bahan organik dan protein kasar. Sedangkan kandungan lemak kasar mengalami peningkatan dari 0.71% menjadi 5.05%, namun serat kasar juga meningkat dari 18.90% menjadi 24.35%. Kesimpulan fermentasi menggunakan cairan rumen yang dilakukan ini tidak berhasil meningkatkan kadar protein dan menurunkan kadar serat campuran dedak dan darah. Diperlukan kajian ulang dengan perlakuan cairan rumen secara lebih seksama.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Dedak, darah, cairan ruemen, fermentasi, komposisi kimia.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:42
Last Modified: 16 Aug 2023 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42139

Actions (login required)

View Item View Item