EFEKTIVITAS FUNGSI PENGAWASAN BBPOM DALAM IZIN EDAR TERHADAP OBAT-OBATAN PENYEBAB PROBLEMATIKA GAGAL GINJAL AKUT PADA ANAK-ANAK DI KOTA MATARAM NTB

MUH. AL-FAYYADH, LUHULIMA (2023) EFEKTIVITAS FUNGSI PENGAWASAN BBPOM DALAM IZIN EDAR TERHADAP OBAT-OBATAN PENYEBAB PROBLEMATIKA GAGAL GINJAL AKUT PADA ANAK-ANAK DI KOTA MATARAM NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ale.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ALE.pdf

Download (700kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas fungsi pengawasan BBPOM Mataram dalam pengawasan obat-obatan penyebab problematikan gagal ginjal akut pada anak-anak di kota Mataram NTB, dan untuk mengetahui upaya hukum yang dilakukan oleh BBPOM Mataram agar dapat optimal dalam melindungi masyarakat terhadap obat-obatan penyebab problematika gagal ginjal akut pada anak-anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris, dengan pendekatan perundang-undangan, konseptual, dan sosiologis. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa efektivitas fungsi pengawasan BBPOM kurang efektif, meskipun telah melakukan pengawasan dengan melakukan raiza dan sidak sebaiknya kegiatan itu dilakukan secara rutin dan dalam melakukan sosialisai atau penyuluhan tidak terdapat kegiatan yang lebih dikhususkan untuk masalah obat-obatan mengandung Etilen Glikol dan Dietilen Glikol (zat kimia berbahaya) yang menyebabkan gagal ginjal akut dan sosialisasi melalui media sosial masih kurang. BBPOM Mataram tidak melakukan upaya hukum dikarenakan di kota Mataram tidak adanya pabrik yang memproduksi obat, jadi hanya memberikan sanksi adminsitratif kepada saranasarana kefarmasian apabila melanggar ketentuan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Efektivitas, Pengawasan, BBPOM, Izin edar, Obat-obatan
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Aug 2023 08:10
Last Modified: 16 Aug 2023 08:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42154

Actions (login required)

View Item View Item