LAPORAN AKHIR PENELITIAN MP3EI: Percepatan Pertumbuhan Populasi dan Produktivitas Sapi Bali Melalui Aplikasi Marka Genetik dan Teknologi Produksi Semen Beku Untuk Menghasilkan Sapi Bakalan Unggul

Maskur, Maskur and Rodiah, Rodiah and Arman, C. Syuhur (2013) LAPORAN AKHIR PENELITIAN MP3EI: Percepatan Pertumbuhan Populasi dan Produktivitas Sapi Bali Melalui Aplikasi Marka Genetik dan Teknologi Produksi Semen Beku Untuk Menghasilkan Sapi Bakalan Unggul. Other. LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS MATARAM, UNIVERSITAS MATARAM.

[img]
Preview
Text (Laporan Akhir Penelitian)
Laporan Akhir Penelitian MP3EI-2013.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Perjanjian Penugasan Pelaksanaan Penelitian MP3Ei)
KONTRAK PENELITIAN MP3EI_2013.pdf

Download (841kB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam rangka mempercepat pertumbuhan populasi dan produktivitas sapi Bali melalui aplikasi marka genetik dan teknologi produksi semen beku untuk menghasilkan sapi bakalan unggul. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalah rendahnya pertumbuhan populasi dan produktivitas peternakan sebagai pendukung pangan nasional. Terbatasnya jumlah pejantan berkualitas yang tersedia di masyarakat dan rendahnya tingkat reproduktivitas/ kegagalan perkembang biakan melalui inseminasi buatan (IB) merupakan pemicu utama permasalahan peternakan di Indonesia khususnya di NTB. Integrasi teknologi MAS dan teknologi reproduksi untuk menjamin ketersediaan semen beku berkualitas bagi keperluan inseminasi buatan diharapakan dapat mendorong percepatan pertumbuhan populasi dan kemajuan genetik sapi Bali. Pada tahap pertama penelitian ini akan dilakukan seleksi menggunakan marka genetik SNP Nt17 (gen IGF-1) untuk menghasilkan pejantan unggul sebagai pemacek dan sebagai donor semen beku berkualitas. Pada tahap selanjutnya akan dilakukan uji lapang dan validasi semen beku yang diproduksi sebelum dikomersilkan dan digunakan oleh peternak. Pola seleksi dengan pendekatan kawasan yang berbasis pada kelompok-kelompok peternak binaan diharapkan juga dapat menjadi model penyediaan pejantan unggul di masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata karakteristik spermatozoa sapi Bali yang diperoleh masih termasuk dalam kisaran normal jika dibandingkan dengan karakteristik semen yang dilaporkan oleh peneliti lain pada ternak sapi. Tingkat retensi implant norgestomet (Crestar) yang digunakan pada singkronisasi birahi mencapai 100 persen dengan respon sinkronisasi birahi sapi percobaan dalam penelitian ini mencapai angka 100 persen. Angka konsepsi (conception rate) yang diperoleh pada pekawinan dengan inseminasi buatan mecapai hampir 91,4 %. Pemeriksaan kebuntingan pada 196 ekor sapi sampel yang mengindikasikan kebuntingan tersebut melalui teknik palpasi rectal menunjukkan 182 ekor (92,85 %) sapi terdiagnosa positip dalam keadaan bunting dan 14 ekor negatif. Evaluasi genetik keturunan pertama (F1) sapi Bali menunjukkan adanya dua kelompok genotipe SNP Nt17 dan tiga kelompok genotipe pada SNP Nt241. Penggunaan sperma dari pejantan donor terseleksi untuk program IB menyebabkan terjadinya akumulasi alel dan genotipe SNP Nt17 dan SNP Nt241 pada populasi F1 sapi Bali. Distribusi frekuensi alel SNP T(17)C pada populasi F1 sapi Bali menunjukkan bahwa alel C dan T berturut-turut 0.58 dan 0.42 ; sedangkan distribusi frekuensi genotipe CT dan CC berturut-turut: 0.85 dan 0.15. Berbeda dengan SNP Nt17, distribusi alel A dan G SNP Nt241 dalam populasi F1 sapi Bali memiliki perbedaan distribusi frekuensi yang sangat kontras yaitu A=0,23 dan G=0,77. Distribusi genotipe SNP Nt241 dalam populasi F1 sapi Bali yaitu AG, GG dan AA dengan frekuensi berturut-turut: 0.23; 0.66 dan 0.11.

Item Type: Monograph (Other)
Keywords (Kata Kunci): Seleksi, Pejantan, Marka genetik, genotype SNP dan spermatozoa
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Relanti Saleha
Date Deposited: 21 Aug 2023 23:54
Last Modified: 21 Aug 2023 23:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42160

Actions (login required)

View Item View Item