TINJAUAN YURIDIS TERHADAP KEMIRIPAN MEREK DALAM HUKUM HAK ATAS MEREK DI INDONESIA (Studi Kasus Perkara Nomor 2/Pdt.Sus-HKI/Merek/2022/PN Niaga Sby)

AINUL RAHMI, SARI (2023) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP KEMIRIPAN MEREK DALAM HUKUM HAK ATAS MEREK DI INDONESIA (Studi Kasus Perkara Nomor 2/Pdt.Sus-HKI/Merek/2022/PN Niaga Sby). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SEKRIPSI AINUL RAHMI SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)
[img]
Preview
Text
JURNAL AINUL RAHMI SARI.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan hakim Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dalam membatalkan merek milik MS Glow apakah telah sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis dan untuk mengetahui akibat hukum pembatalan merek milik MS Glow oleh DJKI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum Normatif. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa pertama, pertimbangan hakim dalam membatalkan merek milik MS Glow dalam perkara merek berdasarkan nomor 2/Pdt.Sus-HKI/Merek/PN Niaga Sby telah keliru memutuskan hal tersebut, karena sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis sudah disebutkan bahwa sistem pendaftaran yang digunakan adalah sistem konstitutif (first to file). MS Glow terbukti sebagai pendaftar pertama yaitu terdaftar pada tahun 2016 sedangkan PS Glow baru terdaftar pada tahun 2021. Kedua, akibat hukum dari Putusan Mahkamah Agung Nomor 161 K/Pdt.Sus-HKI/2023 adalah memperkuat kedua Putusan Niaga Medan dan Surabaya yang isi putusan tersebut merek MS Glow dapat terus berjalan, sedangkan merek PS Glow tidak dapat digunakan lagi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sengketa Merek; MS GLOW; PS GLOW
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Aug 2023 11:20
Last Modified: 16 Aug 2023 11:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42161

Actions (login required)

View Item View Item