PENGARUH INSTRUMEN PEMBELAJARAN FISIKA SMP MODEL KAUSALITIK TERPADU NILAI KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENANAMAN SIKAP POSITIF PESERTA DIDIK

ANNISA, KURNIATI (2023) PENGARUH INSTRUMEN PEMBELAJARAN FISIKA SMP MODEL KAUSALITIK TERPADU NILAI KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENANAMAN SIKAP POSITIF PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANNISA KURNIATI_E1Q018005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ANNISA KURNIATI_E1Q018005.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh instrumen pembelajaran Fisika SMP model kausalitik terpadu nilai karakter terhadap kemampuan pemecahan masalah, pengaruh instrumen pembelajaran Fisika SMP model kausalitik terpadu nilai karakter dalam penanaman sikap positif peserta didik, dan pengaruh instrumen pembelajaran Fisika SMP model kausalitik terpadu nilai karakter secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penanaman sikap positif peserta didik. Jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group yang memperbandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian dilakukan di SMPN 11 Mataram dengan populasi peserta didik kelas VII tahun ajaran 2021/2022 sejumlah 117 orang. Teknik pengambilan sampel purposive sampling di mana kelas VII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa silabus, RPP, LKPD, analisis materi, buku siswa, lembar uji kemampuan pemecahan masalah, dan angket penanaman sikap positif peserta didik. Data pra dan pasca perlakuan kedua kelas tidak normal namun homogen, sehingga diterapkan uji non parametrik. Hipotesis 1 dan hipotesis 2 menerapkan uji Mann-Whitney U Test. Hipotesis 3 menerapkan uji multikolinearitas. Uji Mann-Whitney U Test kemampuan pemecahan masalah terpenuhi (Asymp.sig.0,018<0,05), terdapat pengaruh instrumen pembelajaran Fisika SMP model kausalitik terpadu nilai karakter terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Uji MannWhitney U Test sikap positif tidak terpenuhi (Asymp.sig.0.209>0.05), tidak terdapat pengaruh instrumen pembelajaran Fisika SMP model kausalitik terpadu nilai karakter dalam penanaman sikap positif peserta didik. Uji multikolinearitas tidak terpenuhi (r square 0.00048<0,8), tidak terdapat pengaruh instrumen pembelajaran Fisika SMP model kausalitik terpadu nilai karakter secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penanaman sikap positf peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): instrumen pembelajaran, model pembelajaran kausalitik, nilai karakter, kemampuan pemecahan masalah, sikap positif.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Aug 2023 00:52
Last Modified: 21 Aug 2023 00:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42185

Actions (login required)

View Item View Item