KOMUNIKASI KELOMPOK PASIEN REHABILITASI (ANALISIS TEORI KOMUNIKASI GROUPTHINK PADA PASIEN REHABILITASI DI KLINIK PRATAMA BNN KOTA MATARAM)

UCI PUTRI, ISLAMIA (2023) KOMUNIKASI KELOMPOK PASIEN REHABILITASI (ANALISIS TEORI KOMUNIKASI GROUPTHINK PADA PASIEN REHABILITASI DI KLINIK PRATAMA BNN KOTA MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI UCI PUTRI ISLAMIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL UCI PUTRI ISLAMIA.pdf

Download (625kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Komunikasi Kelompok Pasien Rehabilitasi (Analisis Teori Groupthink Pada Pasien Rehabilitasi Di Klinik Pratama BNN Kota Mataram). Tujuan penelitian untuk menjelaskan proses komunikasi kelompok antar pasien penyalahguna narkotika di Klinik Pratama BNN Kota Mataram dalam proses pemulihan psikologis dan sosial, untuk mengetahui pemikiran anggota pasien rehabilitasi terhadap diri sendiri, kelompok yang dimiliki dan kelompok orang lain yang bertentangan atau tidak mengonsumsi narkoba serta pola komunikasi kelompok pasien rehabilitasi di Klinik Pratama BNN Kota Mataram dalam proses pemulihan psikologis dan sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Groupthink. Pendekatan yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Sebanyak sembilan orang informan dipilih dengan kriteria informan merupakan pasien penyalahguna narkotika, informan merupakan anggota rehabilitasi rawat jalan di Klinik Pratama BNN Kota Mataram, 6 informan telah mengikuti kegiatan rehabilitasi selama 1 bulan, informan dalam kategori masih waras, satu orang staff, satu orang konselor dan satu orang Dokter sebagai penunjang data mengenai komunikasi kelompok di Klinik Pratama BNN Kota Mataram. Pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara kelompok, observasi dan studi dokumen. Dari penelitian ini diperoleh beberapa poin penting yang diperoleh. Pertama, pemikiran anggota kelompok pasien rehabilitasi terhadap diri mereka sendiri dimana mereka merasa bahwa diri mereka salah dan memperbaikinya. Kedua, pemikiran mereka terhadap kelompok rehabilitasi yang mereka miliki mempunyai kesamaan dan dapat dipercaya maka mereka berkomunikasi dengan cara-cara terbuka, transparan, legalitas, setara dan sama. Ketiga, pemikiran mereka terhadap kelompok lain yang bertentangan dengan apa yang mereka lakukan yaitu mereka menganggap bahwa kelompok lain lebih baik dari kelompok yang mereka miliki baik secara lahir dan batin. Karena itu, mereka merasa bahwa mereka harus lebih baik dari sebelumnya dengan mengikuti gaya hidup dan pola pikir dari kelompok yang bertentangan dengan apa yang mereka lakukan yaitu orang-orang yang tidak memakai narkoba dan agamis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komunikasi Kelompok, Pasien Penyalahguna Narkotika, Rehabilitasi.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Aug 2023 00:52
Last Modified: 21 Aug 2023 00:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42186

Actions (login required)

View Item View Item