PERBANDINGAN JUMLAH TANGKAPAN LALAT BUAH Bactrocera sp. ANTARA EKSTRAK DAUN KEMANGI DAN SELEDRI DI KAWASAN PERKEBUNAN KARANG BAYAN KECAMATAN LINGSAR

RATNA TRIMILIA, KURNIA (2023) PERBANDINGAN JUMLAH TANGKAPAN LALAT BUAH Bactrocera sp. ANTARA EKSTRAK DAUN KEMANGI DAN SELEDRI DI KAWASAN PERKEBUNAN KARANG BAYAN KECAMATAN LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RATNA TRIMILIA KURNIA(E1A018081).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL RATNA TRIMILIA KURNIA(E1A018081).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan jumlah tangkapan lalat buah dengan menggunakan atraktan dari ekstrak kemangi dan seledri serta untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ekstrak kemangi dan seledri terhadap jumlah tangkapan lalat buah. Ekstrak kemangi dan seledri memiliki kandungan minyak atsiri yang bermanfaat sebagai atraktan yang diaplikasikan dengan perangkap dari botol bekas air mineral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah tangkapan lalat buah dari perangkap atraktan ekstrak kemangi lebih banyak daripada perangkap yang beratraktan ekstrak seledri, hal tersebut dikarenakan jumlah kandungan metil eugenol pada tanaman kemangi lebih banyak dibandingkan dengan seledri sehingga aroma ekstrak kemangi lebih menyengat daripada ekstrak seledri yang mengakibatkan lalat buah banyak tertarik dengan atraktan ekstrak kemangi. Perlakuan berbagai konsentrasi berpengaruh nyata terhadap jumlah tangkapan lalat buah, hal tersebut dibuktikan dengan hasil tangkapan lalat buah pada konsentrasi 20% ekstrak kemangi lebih banyak dibandingkan dengan ekstrak kemangi konsentrasi 10% dan 30%. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan yang signifikan antara jumlah tangkapan lalat buah dengan menggunakan atraktan ekstrak kemangi dan seledri. JUmlah tangkapan tertinggi yaitu ekstrak kemangi 20%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Fruit Fly (Bactrocera sp.), Kemangi (Ocimum sanctum), Seledri (Apium graveolens L.)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Aug 2023 23:54
Last Modified: 21 Aug 2023 23:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42194

Actions (login required)

View Item View Item