PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS

DESAK NYOMAN NIKEN, PRATIWI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DESAK NYOMAN NIKEN PRATIWI_E1M019020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL DESAK NYOMAN NIKEN PRATIWI_E1M019020.pdf

Download (849kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 7 Mataram yang terdiri dari 206 orang siswa dan terbagi menjadi 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional dan siswa kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Quizizz. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan kognitif berbentuk pilihan ganda. Uji hipotesis dengan uji-t polled varians menunjukkan hasil thitung (2,70) ttabel (1,67) pada taraf signifikan 5 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks kelas X IPA SMAN 7 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): team games tournament, aplikasi quizizz, hasil belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Aug 2023 23:54
Last Modified: 21 Aug 2023 23:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42195

Actions (login required)

View Item View Item