PENERAPAN CONSTITUENT RECALL TERHADAP ANGGOTA LEGISLATIF TERPILIH DI INDONESIA SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PRINSIP KEDAULATAN RAKYAT

ADRIAN ISLAH, PERDANA (2023) PENERAPAN CONSTITUENT RECALL TERHADAP ANGGOTA LEGISLATIF TERPILIH DI INDONESIA SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PRINSIP KEDAULATAN RAKYAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ADRIAN UJIAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ILMIAH ADRIAN.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui urgensi penerapan constituent recall anggota legislatif di Indonesia yang mencerminkan nilai keadilan Pancasila dan mengetahui kendala dan solusi penerapan constituent recall terhadap anggota legislatif di Indonesia. Jenis penelitian menggunakan penelitian hukum normatif dengan pendekatan konseptual (Conceptual Approach) dan Perundang-undangan (Statute Approach). Sumber bahan hukum bersumber dari data kepustakaan (research document) atau library research dan jenis bahan hukum menggunakan bahan hukum primer, sekunder dan tersier dengan menelah kepustakaan. Adapun hasil dalam penelitian ini sistem recalling anggota legislatif di Indonesia belum mencerminkan nilai keadilan Pancasila, khususnya sila ke empat Pancasila, yakni kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksaan/permusyawaratan, dan menghilangkan sistem Pemilu yang berasaskan pada Proprosional Terbuka, dimana konstituen tidak memilih partai melainkan memilih calon. Kendala dalam recalling anggota legislatif di Indonesia mengekang anggota legislatif untuk menyuarakan pendapatnya dan upayanya untuk memenuhi tuntutan konstituennya serta bangsanya, dan menjadikan anggota legislatif bukan lagi menjadi wakil rakyat melainkan hanya sekedar petugas partai. Solusi terhadap recalling anggota legislatif di Indonesia yang memenuhi rasa keadilan dan nilai- nilai Pancasila adalah mengembalikan recalling anggota legislatif kepada rakyat sebagai pemilik kedaulatan. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan constituent recall akan memberikan kesempatan bagi anggota legislatif untuk memperhatikan aspirasi dan tuntutan konstituennya dengan lebih serius, mengurangi ketergantungan pada partai politik, dan mengembalikan fokus pada pelayanan kepada rakyat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Constituent Recall, Anggota Legislatif, Kedaulatan Rakyat Indonesia
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Aug 2023 23:54
Last Modified: 21 Aug 2023 23:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42196

Actions (login required)

View Item View Item