PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE TPS BERBANTUAN SELF EVALUATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK

LILIK, INDRIANTI (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE TPS BERBANTUAN SELF EVALUATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LILIK INDRIANTI (E1Q016032).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Lilik Indrianti (E1Q016032).pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Memecahkan masalah fisika merupakan kesulitan yang sering dihadapi peserta didik dalam pembelajaran fisika. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah memfasilitasi guru dan peserta didik dengan perangkat yang menunjang kemampuan pemecahan masalah fisika. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model kooperatif tipe think-pair-share berbantuan self evaluation untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran dengan model kooperatif tipe think-pair-share yang valid dan reliabel pada materi usaha dan energi. Produk yang dihasilkan meliputi silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan jenis Research and Development model 4D, terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi. Hasil penelitian berdasarkan validasi menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam kategori sangat valid dan reliabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model kooperatiftipe think-pair-share valid dan reliabel digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan perangkat pembelajaran, model kooperatif tipe think-pair-share, kemampuan pemecahan masalah, usaha dan energi.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Aug 2023 23:55
Last Modified: 21 Aug 2023 23:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42204

Actions (login required)

View Item View Item