PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA EKSPERIMEN 3D PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

Yulina, Hasnaini (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA EKSPERIMEN 3D PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YULINA HASNAINI (E1Q016078).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (667kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan media eksperimen 3D yang layak, praktis dan efektif digunakan pada materi gelombang bunyi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model 4D. Subjek yang digunakan yaitu peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Batukliang. Perangkat yang dikembangkan yaitu silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD) eksperimen 3D (eksperimen resonansi bunyi, eksperimen interferensi bunyi, dan eksperimen Melde), dan instrumen tes. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket validasi dan analisis reliabilitas, angket respon peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran, serta alat evaluasi produk yang dikembangkan berupa instrumen tes yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Hasil analisis validitas rata-rata keseluruhan perangkat pembelajaran memiliki persentase 86,29% dengan kriteria sangat valid dan reliabilitas keseluruhan perangkat yang dikembangkan memiliki persentase 93,32% dengan kategori reliable yang berarti produk yang dikembangkan layak digunakan. Hasil kepraktisan diperoleh dari angket respon peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran. Angket respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan memiliki persentase 93,54% dan hasil angket keterlaksanaan pembelajaran memiliki nilai rata-rata sebesar 87,48% dengan kriteria sangat praktis yang berarti perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran gelombang bunyi di sekolah. Hasil keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh dari nilai rata-rata uji N-gain instrumen tes sebesar 0,68 dengan kriteria sedang yang berarti produk yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran gelombang bunyi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan media eksperimen 3D yang dikembangkan layak, sangat praktis, dan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran materi gelombang bunyi di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pengembangan perangkat pembelajaran, model inkuiri terbimbing, media eksperimen 3D, gelombang bunyi.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Aug 2023 23:55
Last Modified: 21 Aug 2023 23:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42206

Actions (login required)

View Item View Item