PENERAPAN PIDANA TERHADAP PELAKU PENYALAHGUNAAN PENGANGKUTAN BBM SUBSIDI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO 22 TAHUN 2001 TENTANG MINYAK DAN GAS BUMI (Analisis Putusan No.118/Pid.B/LH/2022/PN.Mtr)

Ulan Hijriatin, Mastura (2023) PENERAPAN PIDANA TERHADAP PELAKU PENYALAHGUNAAN PENGANGKUTAN BBM SUBSIDI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO 22 TAHUN 2001 TENTANG MINYAK DAN GAS BUMI (Analisis Putusan No.118/Pid.B/LH/2022/PN.Mtr). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Ulan Hijriatin Mastura.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img]
Preview
Text
jurnal Ulan Hijriatin Mastura.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap terdakwa tindak pidana penyalahgunaan pengangkutan BBM subsidi dan bagaimana penerapan pidana terhadap bagaimana menafsirkan kata ―penyalahgunaan pengangkutan‖ secara konkret dalam hal menentukan kepastian hukum sehingga terhindar dengan adanya multi tafsir dalam merumuskan suatu unsur dalam setiap tindak pidana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif. Dalam hasil yang diteliti hakim memberikan suatu pertimbangan berdasarkan fakta-fakta hukum yang terungkap dipersidangan mengarah pada setiap unsur yang terdapat pada pasal 53 undangundang minyak dan gas bumi yaitu terkait perizinan, namun hakim menjatuhkan pidana terhadap terdakwa tetap berdasarkan pada dakwaan Penuntut Umum dengan pasal 55 Undang-undang minyak dan gas bumi yang mengatur terkait penyalahgunaan pengangkutan yang belum mengakomodir setiap perbuatan yang dilakukan oleh terdakwa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penerapan Pidana, BBM Subsidi, penyalahgunaan
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Aug 2023 23:55
Last Modified: 21 Aug 2023 23:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42210

Actions (login required)

View Item View Item