ISOLASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI METABOLIT SEKUNDER PADA EKSTRAK n-HEKSAN RIMPANG TEMU KUNCI (Boesenbergia pandurata)

MELANIA, RISMA (2023) ISOLASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI METABOLIT SEKUNDER PADA EKSTRAK n-HEKSAN RIMPANG TEMU KUNCI (Boesenbergia pandurata). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Melania Risma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Akhir_Melania Risma_G1C018042.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Temu kunci (Zingiberceae ) merupakan salah satu tanaman obat yang ada di Indonesia. Penelitian terdahulu tentang kajian fitokimia dan bioaktivitas tanaman ini menunjukkan beberapa metabolit sekunder yaitu pinostrobin, pinoscembrin, panduratin A dengan bioaktivitas yang beragam salah satunya sebagai antibakteri. Berdasarkan laporan tersebut diketahui pula bahwa temu kunci yang berasal dari Dompu belum pernah dikaji fitokimia maupun bioaktivitasnya. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengisolasi kandungan metabolit sekunder pada rimpang temu kunci dan aktivitasnya sebagai antibakteri. Tahapan isolasi pada penelitian ini dimulai dengan ekstraksi dan dilanjutkan dengan pemisahan dan pemurnian. Metode ekstraksi yang digunakan yaitu maserasi dengan pelarut metanol. Maserat yang diperoleh selanjutnya dipartisi dengan pelarut n-heksan. Ekstrak yang diperoleh kemudian dilakukan pemisahan dan pemurnian dengan berbagai metode kromatografi dan diidentifikasi menggunakan spektroskopi UV-Vis, FTIR, NMR (1D). Hasil isolasi yang didapatkan senyawa golongan flavonoid yaitu 5-hidroksi7-metoksiflavanon (pinostrobin). Aktivitas antibakteri dari senyawa pinostrobin diuji terhadap bakteri Gram positif (+) Staphylococcus aureus ATCC 25923 dan bakteri Gram negatif (-) Escherichia coli ATCC 25922 mengunakan metode difusi sumuran dengan variasi konsentrasi 50, 100, 150 ppm. Hasil pengujian antibakteri menunjukkan zona hambat terhadap bakteri S. aureus berturut-turut sebesar 11,3, 12, 12,6 mm sedangkan terhadap bakteri E.coli berturut-turut sebesar 10,6, 11,6, 12,3 mm. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa senyawa pinostrobin memiliki aktivitas antibakteri terhadap kedua bakteri tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): temu kunci, pinostrobin, antibakteri, S. aures, E. coli
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Aug 2023 23:44
Last Modified: 22 Aug 2023 23:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42223

Actions (login required)

View Item View Item