PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG HAK ATAS TANAH YANG BELUM BERSERTIFIKAT DI KAWASAN EKONOMI KHUSUS MANDALIKA LOMBOK TENGAH

GUSTI SEMPANE, GARE (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG HAK ATAS TANAH YANG BELUM BERSERTIFIKAT DI KAWASAN EKONOMI KHUSUS MANDALIKA LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
CD SKRIPSI PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG HAK ATAS TANAH (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI GUSTI.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum bagi pemegang hak atas tanah yang belum bersertifikat di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, penelitian ini merupakan penelitian normatif empiris dengan pendekatan perundangundangan, pendekatan konseptual dan pendekatan sosiologi. Dari hasil penelitian yang ditemukan oleh peniliti, menunjukkan bahwa perlindungan hukum bagi pemegang hak atas tanah yang belum bersertifikat di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yakni, perlindungan hukum Perventif yang diatur dalam UUPA beserta PP No 24 Tahun 1997 dan Perlindungan hukum Represif berupa pembatalan sertifikat hak atas tanah bagi pemegang hak atas tanah yang tidak mampu membuktikan keabsahan hak. Faktor-faktor terjadinya sengketa hak atas tanah yakni, faktor yuridis merupakan faktor akibat tidak dijalani sepenuhnya peraturan atau norma hukum yang berlaku sesui PP No. 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah beserta peraturan yang lainnya yang mengatur tentang pendaftaran tanah oleh masyarakat maupun aparat penegak hukum dan faktor non yuridis yakni akibat penerbitan sporadik oleh pemerintah desa, faktor ekonomi dan sosiologi. Adapun proses penyelesaian sengketa hak atas tanah yakni litigasi oleh Peradilan Tata Usaha Negara dan Peradilan Umum, Penyelesaian Non Litigasi dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional dan dapat juga oleh Tim Satuan Tugas Percepatan Teknis dan Taktis Penyelesaian Lahan oleh Polda Nusa Tenggara Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : Sertifikat Hak Atas Tanah, Sengketa Hak Atas Tanah
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:21
Last Modified: 23 Aug 2023 07:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42228

Actions (login required)

View Item View Item