KOMBINASI PUPUK ORGANIK DAN N ANORGANIK TERHADAP NILAI NEUTRAL DETERGENT FIBER (NDF) DAN ACID DETERGENT FIBER (ADF) RUMPUT GAJAH MINI (Pennisetum Purpureum CV. Mott)

HERVINA, ALIMATUZZAHRA (2023) KOMBINASI PUPUK ORGANIK DAN N ANORGANIK TERHADAP NILAI NEUTRAL DETERGENT FIBER (NDF) DAN ACID DETERGENT FIBER (ADF) RUMPUT GAJAH MINI (Pennisetum Purpureum CV. Mott). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HERVINA ALIMATUZZAHRA (B1D019096).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL HERVINA ALIMATUZZAHRA (B1D019096).pdf

Download (973kB) | Preview

Abstract

Suatu penelitian telah dilaksanakan pada bulan April – Juni 2023 bertempat di Teaching Farm Universitas Mataram Lingsar. Sementara untuk uji Nilai NDF Dan ADF akan dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan makanan ternak Fakutas Peternakan Universitas Mataram. NDF merupakan metode yang cepat untuk mengetahui total serat dari dinding sel yang terdapat dalam serat tanaman sedangkan ADF digunakan sebagai suatu langkah persiapan untuk mendeterminasikan lignin, sehingga hemiselulosa dapat diestimasi dari perbedaan struktur dinding sel dengan ADF itu sendiri. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kombinasi pupuk organik dan N Anorganik terhadap nilai Neutral Detrgent Fiber (NDF) dan Acid Detergent Fiber (ADF) rumput gajah mini (Pennisetum purpureum CV. Mott). Variabel yang diamati pada penelitian ini adalah uji nilai Neutral Detergent Fiber (NDF) dan Acid Detergent Fiber (ADF) Rumput Gajah Mini (Pennisetum purpureum cv mott). Yang diberi kombinasi Pupuk Organik dan Pupuk N Anorganik. Penelitian ini dianalisa dengan Analisi ragam atas dasar Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola searah dengan 6 perlakuan dan 3 ulangan, dan dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan’s. Yang terdiri dari 6 perlakuan: T1:Rumput Odot + pupuk organik (0%) dan pupuk anorganik (0%), T2:Rumput Odot + pupuk organik (0%) dan pupuk anorganik (100%), T3:Rumput Odot + pupuk organik (25%) dan pupuk anorganik (75%), T4:Rumput Odot + pupuk organik (50%) dan pupuk anorganik (50%), T5:Rumput Odot + pupuk organik (75%) dan pupuk anorganik (25%), T6.Rumput Odot + pupuk organik (100%) dan pupuk anorganik (0%). Masing- masing perlakuan dibuat 3 ulangan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik dan N anorganik dengan kombinasi yang berbeda berpengaruh nyata (P<0.05) terhadap nilai Neutral Detergen Fiber (NDF) dan Acid Detergent Fiber (ADF) rumput gajah mini (Pennisetum purpureum CV. Mott) rata-rata nilai NDF berkisar antara 57.6057% - 60.3975%. Sedangkan ADF berkisar antara 30.1856% - 38.5767%. Rata-rata nilai NDF rumput gajah mini (Pennisetum purpureum CV. Mott) lebih tinggi dari nilai ADF rumput gajah mini (Pennisetum purpureum CV. Mott). Karena NDF memilki fraksi yang lebih mudah dicerna di dalam rumen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ADF dan NDF, Pupuk, Rumput gajah mini
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:05
Last Modified: 24 Aug 2023 06:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42239

Actions (login required)

View Item View Item