PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PROYEK BIOPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN LITERASI KEWIRAUSAHAAN SISWA SMP DI KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) MANDALIKA LOMBOK

M. AKHYAR, ROSYIDI (2023) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PROYEK BIOPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN LITERASI KEWIRAUSAHAAN SISWA SMP DI KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) MANDALIKA LOMBOK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis_M Akhyar Rosyidi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
M. Akhyar Rosyidi_Modul Pembelajaran IPA Berbasis Proyek Biopreneurship_ Menarik dan Praktis dalam Pembelajaran.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Kreativitas dan literasi kewirausahaan siswa di KEK Mandalika masih rendah yang diakibatkan oleh minimnya bahan ajar yang mampu mengakomodasi indikatorindikator kreativitas dan literasi kewirausahaan siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul IPA berbasis proyek biopreneurship yang layak, praktis, dan efektif dalam melatih kreativitas dan literasi kewirausahaan siswa. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model Dick & Carey. Hasil pengembangan modul kemudian dilakukan uji kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. Data penelitian diperoleh melalui instrumen dalam bentuk kuesioner dan tes. Kuesioner terdiri atas: kuesioner kelayakan; kuesioner kepraktisan; dan kuesioner keterlaksanaan pembelajaran. Adapun tes terdiri atas: tes kreativitas; dan tes literasi kewirausahaan siswa. Analisis kelayakan didasarkan pada data validasi ahli. Adapun analisis kepraktisan didasarkan pada data respon guru dan siswa serta data pengamatan keterlaksanaan pembelajaran oleh observer. Kemudian analisis keefektifan didasarkan pada data perolehan N-gain dan uji hipotesis melalui analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan modul memenuhi kriteria layak dengan skor 77,3%. Lebih lanjut, hasil penelitian mengkonfirmasi modul memenuhi kriteria praktis berdasarkan data: 1) respon guru dan siswa dengan skor masing-masing 84,7% dan 81,1%; serta 2) tingkat keterlaksanaan pembelajaran dengan skor 80,9%. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan modul efektif dalam meningkatkan kreativitas dan literasi kewirausahaan siswa dalam pembelajaran berdasarkan data: 1) perolehan N-gain kreativitas SMPN 1 Pujut dan MTs Nurul Ijtihad dengan skor masing-masing sebesar 56,4% dan 53,3%; sedangkan perolehan N-gain literasi kewirausahaan siswa SMPN 1 Pujut dan MTs Nurul Ijtihad dengan skor masing-masing sebesar 48,9% dan 47,4%; serta 2) uji hipotesis perbedaan dengan output uji-T dan Mann-Withney sig.(p) <0.005. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa modul IPA berbasis proyek biopreneurship telah memenuhi kriteria layak, praktis, dan efektif untuk digunakan melatih kreativitas dan literasi kewirausahaan siswa dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Modul IPA, Proyek Biopreneurship, Kreativitas, Literasi Kewirausahaan Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:05
Last Modified: 24 Aug 2023 06:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42242

Actions (login required)

View Item View Item