ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI PELARUT FOSFAT DAN PENGHASIL IAA DARI RIZOSFER TUMBUHAN KAKTUS DI DESA SENTELUK KECAMATAN BATULAYAR DAN UJI SECARA IN VITRO TERHADAP PERKECAMBAHAN KACANG PANJANG (Vigna sinensis L.)

MUHAMMAD FIKRI, ALFIANSYAH (2023) ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI PELARUT FOSFAT DAN PENGHASIL IAA DARI RIZOSFER TUMBUHAN KAKTUS DI DESA SENTELUK KECAMATAN BATULAYAR DAN UJI SECARA IN VITRO TERHADAP PERKECAMBAHAN KACANG PANJANG (Vigna sinensis L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_M_FIKRI_ALFIANSYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_M_FIKRI-ALFIANSYAH.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bakteri pelarut fosfat dan penghasil IAA terhadap perkecambahan kacang panjang. Bakteri diisolasi dari dari rizosfer kaktus di Desa Senteluk Kecamatan Batulayar, Lombok Barat. Fosfat terlarut diukur secara kualitatif dan kuantitatif. Pengukuran secara kualitatif berdasarkan kelarutan P pada media tumbuh (pikovskaya padat) dengan indikator zona bening di sekitar koloni bakteri. Kelarutan P (pikovskaya cair) dan produksi IAA diukur menggunakan spektrofotometer pada serapan panjang gelombang masing-masing 430 nm dan 530 nm. Uji in vitro pengaruh bakteri pelarut fosfat dan penghasil IAA terhadap perkecambahan kacang panjang varietas Parade tavi dilakukan dengan merendam biji kacang panjang pada suspensi bakteri selanjutnya ditanam pada media agar murphy dan diukur tinggi tanaman, panjang akar, berat basah, dan berat kering kemudian dianalisis menggunakan One Way Aniva. Karakterisasi bakteri meliputi morfologi koloni, bentuk sel, dan uji biokima. Hasil penelitian diperoleh 8 isolat yang dapat melarutkan fosfat dengan kategori rendah sekaligus menghasilkan IAA, serta 2 isolat lainnya yang hanya meghasilkan IAA. Pelarutan fosfat secara kuantitatif menujukkan fosfat terlarut tertinggi pada hari ke 4 dan 6 inkubasi. Produksi IAA tertinggi (14,25 ppm) dihasilkan oleh isolat bakteri rizosfer dengan kode isolat RK7. Hasil analisis menunjukkan pengaruh bakteri pelarut fosfat dan penghasil IAA terhadap perkecambahan kacang panjang tidak berbeda nyata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Fosfat, IAA, Rizobakteria, Vigna sinensis L.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:45
Last Modified: 25 Aug 2023 07:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42264

Actions (login required)

View Item View Item