UPAYA PEMERINTAH DESA DALAM MENANGANI SENGKETA TANAH KAWASAN SIRKUIT MANDALIKA (Studi di Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah)

NUR, WULANDARI (2023) UPAYA PEMERINTAH DESA DALAM MENANGANI SENGKETA TANAH KAWASAN SIRKUIT MANDALIKA (Studi di Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi -NUR WULANDARI-E1B019147.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel -NUR WULANDARI-E1B019147.pdf

Download (928kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konflik tanah khusunya Kawasan Sikuit Kek Mandalika yang terjadi di Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1). Mengetahui bagaimana upaya pemerintah Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah dalam menangani sengketa tanah Kawasan Sirkuit Mandalika, 2). Megetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi upaya pemerintah Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah dalam menangani sengketa tanah Kawasan Sirkuit Mandalika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu : Reduksi data, penyajian data, kesimpulan, keabsahan data, triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Upaya yang dilakukan oleh pemerintah Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah dalam menyelesaikan sengketa yaitu : Melakukan mediasi atau musyawarah, arbitrasi serta penyelesaian sengketa tanah secara litigasi atau jalur hukum, 2). Faktor-faktor yang mempengaruhi upaya pemerintah Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah dalam menangani sengketa tanah Kawasan Sirkuit Mandalika yaitu : Faktor Internal terdiri dari waktu, biaya, karakter dan pemahaman masyarakat yang sangat kurang. Adapun faktor eksternal terdiri dari legalitas kepemilikan tanah, kurangnya perhatian terhadap masyarakat, keterlibatan lembaga swadaya masyarakat, dan pihak keluarga. Topik ini menarik dan penting karena penyelesaian sengketa di Kawasan Sirkuit Mandalika harus segera di selsaikan dan menghasilkan keputusan yang adil bagi warga masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sengketa Tanah, Kawasan Sirkuit Mandalika, Upaya Pemerintah Desa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Aug 2023 00:28
Last Modified: 28 Aug 2023 00:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42279

Actions (login required)

View Item View Item