ANALISIS TERHADAP YURISDIKSI MAHKAMAH INTERNASIONAL DALAM MENYELESAIKAN PERKARA BANDING (STUDI KASUS PUTUSAN MAHKAMAH INTERNASIONAL N0 173 SENGKETA ANTARA BAHRAIN, MESIR, SAUDI ARABIA DAN UNI EMIRATE ARAB Vs QATAR)

HAFINA HAULA, ARSY (2023) ANALISIS TERHADAP YURISDIKSI MAHKAMAH INTERNASIONAL DALAM MENYELESAIKAN PERKARA BANDING (STUDI KASUS PUTUSAN MAHKAMAH INTERNASIONAL N0 173 SENGKETA ANTARA BAHRAIN, MESIR, SAUDI ARABIA DAN UNI EMIRATE ARAB Vs QATAR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_HAFINA HAULA ARSY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_HAFINA HAULA ARSY .pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Statuta Mahkamah Internasional tidak memuat ketentuan terkait kewenangan atau yurisdiksi Mahkamah International untuk menangani perkara banding. Namun dalam praktiknya, Mahkamah Internasional telah mengeluarkan putusan atas banding terkait yurisdiksi Dewan ICAO dalam kasus perselisihan tentang pembatasan penerbangan di Qatar oleh Bahrain, Mesir, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (UEA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis yurisdiksi Mahkamah Internasional dalam menangani perkara banding dan sifat putusan terkait sengketa banding tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian normatif dengan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mahkamah Internasional, sesuai dengan Pasal 36 Statute of International Court of Justice, memiliki yurisdiksi untuk menyelesaikan perkara banding yang diajukan kepadanya berdasarkan kewenangan yang diberikan oleh negara peserta dalam Pasal 84 Konvensi Chicago. Selain itu, putusan mengenai perkara banding tersebut bersifat final dan mengikat sebagaimana tercantum dalam Pasal 60 Statute of International Court of Justice dan Pasal 86 Konvensi Chicago.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mahkamah Internasional; Sifat Putusan; Yurisdiksi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Aug 2023 00:28
Last Modified: 28 Aug 2023 00:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42285

Actions (login required)

View Item View Item