RESEPSI JURNALIS LOKAL NUSA TENGGARA BARAT TERHADAP PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PENYEBARAN KARYA JURNALISTIK DALAM PROGRAM “BUKA MATA” NARASI TV

Muhammad, Fajri (2023) RESEPSI JURNALIS LOKAL NUSA TENGGARA BARAT TERHADAP PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PENYEBARAN KARYA JURNALISTIK DALAM PROGRAM “BUKA MATA” NARASI TV. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD FAJRI L1B018077 FIX JILID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL MUHAMMAD FAJRI FIX.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Saat ini banyak perusahaan media memanfaatkan penggunaan media sosial sebagai wadah menyajikan berita, termasuk melalui kanal Youtube. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti bagaimana penerimaan jurnalis lokal Nusa Tenggara Barat terhadap penggunaan kanal Youtube sebagai media penyebaran karya jurnalistik dalam program Buka Mata Narasi TV. Peneliti menggunakan program Buka Mata Narasi TV sebagai objek penelitian dengan berbagai kelebihan serta perbedaan dalam penyiaran program yang ditayangkan, Peneliti memilih Narasi TV karena memiliki perbedaan dari segi penyajian konten jurnalisme. Banyak media yang memberikan sajian akhir dengan menampilkan informasi berupa text, infografis, diagram dan tabel dalam pemberitaan, berbeda dengan Narasi TV yang mengulas berbagai informasi dengan pendekatan jurnalistik yang bersifat edukasi, kontrol sosial, dan kritis lewat sajian konten video. Tinjauan pustaka yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teori difusi inovasi, teori resepsi Stuart Hall , new media, jurnalisme digital, YouTube, dan Narasi TV. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui observasi, wawancara, studi Pustaka serta Alasan peneliti mengambil reception analysis sebagai jenis penelitian adalah karena peneliti ingin mengetahui pemaknaan Jurnalis Lokal Nusa Tenggara Barat terhadap penggunaan YouTube. Kemudian ada lima jurnalis lokal yang dipilih menjadi informan yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa YouTube memang memberikan kemudahan dalam menyebarluaskan informasi. Dari kelima jurnalis lokal Nusa Tenggara Barat yang peneliti wawancarai tiga diantaranya mereka berada di posisi Dominant Hegemonic Position ini menunjukkan para jurnalis menerima dengan kehadiran YouTube sebagai media penyebaran karya jurnalistik karena bisa menjangkau semua kalangan dan dapat mengakses media streaming YouTube kapanpun dan dimanapun hanya melalui smartphone maupun perangkat lainya serta dapat melihat langsung informasi yang disampaikan melalui audio visual namun kedua narasumber memilih berada di posisi Negotiated Position ini menunjukan para jurnalis menerima dengan kehadiran YouTube sebagai media penyebaran karya jurnalistik namun disisi lain keberatan terhadap kode etik jurnalistik yang dikesampingkan maupun karena YouTube rentan terhadap pemberitaan hoax. Program Narasi TV pada segmen Buka Mata sebagai media baru dalam penyebaran karya jurnalistik kelima jurnalis lokal berada pada posisi Dominant Hegemonic Position ini menunjukkan para jurnalis lokal menerima kehadiran program Buka Mata Narasi TV sebagai terobosan baru yang mampu memberikan konten yang sesuai dengan kaidah kaidah jurnalistik, tidak menyudutkan salah satu pihak dan juga dapat dijadikan contoh untuk para jurnalis lokal Nusa Tenggara Barat dalam membuat konten yang serupa seperti program Buka Mata Narasi TV dalam menyebarluaskan karya jurnalistik kepada Masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Narasi TV, Buka Mata, YouTube, New Media, Jurnalisme Digital, Analisis Resepsi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:59
Last Modified: 28 Aug 2023 02:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42320

Actions (login required)

View Item View Item