ANALISIS SIKAP DAN KEPUASAN PETANI PADI TERHADAP BENIH PADI VARIETAS UNGGUL DI KECAMATAN KURIPAN, KABUPATEN LOMBOK BARAT

RINI, PEBRIANA (2023) ANALISIS SIKAP DAN KEPUASAN PETANI PADI TERHADAP BENIH PADI VARIETAS UNGGUL DI KECAMATAN KURIPAN, KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RINI PEBRIANA C1G116106.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img]
Preview
Text
JURNAL RINI PEBRIANA C1G116106.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak petani yang menggunakan padi varietas unggul, dan untuk mengetahui sikap serta kepuasan para petani terhadap varietas unggul tersebut. Ini dilakukan karena kebutuhan beras setiap tahunnya meningkat, namun tidak disertai dengan meningkatnya luas panen serta produksi padi setiap tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 30 orang yang ditetapkan melalui kuota sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu interview/wawancara yang berpedoman pada kuisioner yang telah disiapkan sebelum melakukan penelitian dan observasi. Untuk analisa data hasil interview menggunakan skala likert, mulai dari yang sangat tidak puas hingga sangat puas. Untuk variabel yang akan ditinjau dalam penelitian ini ada 3, yaitu pengetahuan, sikap dan kepuasan. Dari 3 variabel tersebut ada sejumlah aspek yang akan dinilai yaitu harga benih, daya tumbuh, umur bibit, daya tumbuh benih, jumlah anakan, pertumbuhan vegetatif, ketahanan terhadap hama dan penyakit, ketahanan terhadap rebah-angin, ketahanan terhadap kekeringan/air, umur panen, produksi, kualitas beras-butir pecah, rasa nasi, harga gabah/beras, kemudahan untuk dijual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 30 responden semuanya menggunakan bibit padi varietas unggul. Dari 30 orang tersebut, sebanyak 25 orang menggunakan bibit inpari 32, 3 orang menggunakan bibit ciliwung dan 2 orang menggunakan bibit ciherang. Untuk variabel sikap dan kepuasan mayoritas petani padi menyatakan cukup puas dengan bibit padi varietas unggul yang digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sikap petani, Kepuasan petani, Benih padi, Varietas unggul, Kuripan, Lombok Barat
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:59
Last Modified: 28 Aug 2023 02:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42323

Actions (login required)

View Item View Item