AKULTURASI BUDAYA LOKAL DAN AGAMA DALAM TRADISI PENGANTAN PADA MASYARAKAT DESA TEPAS KECAMATAN BRANG REA KABUPATEN SUMBAWA BARAT

NELLA, PUSPITA (2023) AKULTURASI BUDAYA LOKAL DAN AGAMA DALAM TRADISI PENGANTAN PADA MASYARAKAT DESA TEPAS KECAMATAN BRANG REA KABUPATEN SUMBAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi paling final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
jurnal NELLA PUSPITA_E1B019135.pdf

Download (281kB) | Preview

Abstract

Akulturasi budaya lokal dan agama dalam tradisi pengantan adalah fenomena yang melibatkan perpaduan antara aspek – aspek budaya lokal dan dan nilai – nilai agama dalam upacara pernikahan adat Sumbawa. Upacara pernikahan merupakan salah satu momen penting dalam kehidupan masyarakat, dimana berbagai tradisi dan kepercayaan melebur menjadi satu dalam rangka merayakan ikatan pernikahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) proses akulturasi budaya lokal dan agama dalam tradisi pengantan pada masyarakat Desa Tepas Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat; (2) faktor – faktor yang mempengaruhi akulturasi budaya lokal dan agama dalam tradisi pengantan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akulturasi budaya lokal dan agama dalam tradisi pengantan dapat dilihat dalam tiga tahapan. Ketiga tahapan tersebut yaitu tahapan bejajak, basaputes, resepsi/besai. Faktor – faktor yang mempengaruhi akulturasi budaya lokal dan agama dalam tradisi pengantan yaitu faktor eksternal adalah masyarakat dan lingkungan sementara faktor internal yaitu diri sendiri dan keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Akulturasi Budaya Lokal Dan Agama, Tradisi pengantan
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:11
Last Modified: 28 Aug 2023 07:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42333

Actions (login required)

View Item View Item