NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM TRADISI PETA KAPANCA (Studi di Masyarakat Suku Mbojo di Desa Boro Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima)

RAM, LAH (2023) NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM TRADISI PETA KAPANCA (Studi di Masyarakat Suku Mbojo di Desa Boro Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PERSEMBAHAN YUDISIUM RAMLAH (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL MANDALA_RAMLAH.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Tradisi peta kapanca merupakan tradisi yang dilaksanakan oleh masyarakat suku mbojo dalam setiap proses perkawinan. yang dilaksanakan secara turun temurun sejak jaman nenek moyang dan memiliki nilai religius bagi kehidupan masyarakat suku Mbojo. Namun di masa sekarang tradisi Peta kapanca jarang dilaksanakan lagi karena faktor globalisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan tradisi peta kapanca dan apa saja nilai-nilai religius yang terkandung dalam tradisi peta kapanca di masyarakat suku mbojo di Desa Boro Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima. Adapun metode dalam penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian adalah tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pelaksanaan tradisi peta kapanca di desa boro kecamatan sanggar kabupaten bima terdiri dari bebeberapa tahap yaitu: tahap pelaksanaan (musyawarah keluarga dan menyediakan alat dan bahan), tahap pelaksanaan (hanta kalei, Pembacaan Ayat Suci Al-Qur,An, penyampaian petuah, Upacara Peta Kapanca dan lantunan zikir), tahap penutup (pembacaan do’a dan lepi mbunga). Sedangkan nilai-nilai religius yang terkandung dalam tradisi peta kapanca di masyarakat suku mbojo di Desa Boro Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima yaitu: iman, takwa, ikhlas, syukur, sabar, kesucian dan amanah

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Religius, Tradisi dan Peta Kapanca.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:11
Last Modified: 28 Aug 2023 07:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42340

Actions (login required)

View Item View Item