UPAYA KEPOLISIAN DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG DI WILAYAH HUKUM POLDA NTB

Ro’atul, Aini (2023) UPAYA KEPOLISIAN DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG DI WILAYAH HUKUM POLDA NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_RO'ATUL AINI_D1A019515.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_RO'ATUL AINI_D1A019515.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memahami dan menganalisa upaya kepolisan dalam memberikan perlindungan hukum terhadap korban tindak pidana peradangan orang di wilayah hukum polda NTB. Jenis penelitian merupakan penelitian empiris. Upaya kepolisian dalam memberikan perlindungan terhadap korban yaitu membantu korban daalam mengajukan restitusi sejak korban melaporkan kasus yang dialaminya hingga memastikan korban mendapatkan hak tersebut, membantu korban untuk mendapatkan rehabilitasi sosial, memberikan bantuan konseling terhadap korban, memberikan bantuan hukum, serta memberikan informasi terhadap korban. Kendala-kendala yang dihadapi pihak kepolisian dalam memberikan perlindungan hukum terhadap korban tindak pidana perdagangan orang yakni terdapat dalam pelaksanaan pemberian restitusi, yaitu sifat dari “sanksi pidana” restitusi tersebut yang dapat diganti dengan sanksi pidana lain, yaitu pidana kurungan. korban seringkali menolak untuk direhabilitasi, serta masih belum memadainya (kualitas dan kuantitas) aparat penegak hukum yang memiliki keahlian khusus dalam penyidikan kasus perdagangan orang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kepolisian, Perdagangan Orang, Upaya, Kendala
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:48
Last Modified: 28 Aug 2023 08:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42357

Actions (login required)

View Item View Item