KONTRIBUSI USAHA TERNAK SAPI BALI TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETERNAK DI KECAMATAN SUMBAWA KABUPATEN SUMBAWA

Arba Insanul, Ridho (2023) KONTRIBUSI USAHA TERNAK SAPI BALI TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETERNAK DI KECAMATAN SUMBAWA KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Arba insanul ridho.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Arba insanul ridho.pdf

Download (609kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya dan pendapatan peternak dari usaha ternak sapi Bali dan untuk mengetahui kontribusi usaha ternak sapi Bali tehadap pendapatan rumah tangga peternak di Kecamatan Sumbawa dengan menggunakan metode survei. Adapun data dianalisis menggunakan analisis biaya dan pendapatan usaha, B/C Ratio, dan kontribusi usaha peternakan sapi Bali terhadap pendapatan rumah tangga peternak. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2023 di Kecamatan Sumbawa dan pemilihan Kelurahan sebagai daerah sampel dilakukan secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi usaha ternak sapi Bali terhadap pendapatan rumah tangga peternak rata-rata sebesar 54,80% per tahun dengan pendapatan kotor usaha ternak sapi rata-rata sebesar Rp. 66.044.444 per peternak dan pendapatan bersih untuk usaha ternak sapi rata-rata sebesar Rp.20.637.436 per peternak dan pendapatan bersih untuk pendapatan rumah tangga peternak rata-rata sebesar Rp. 16.842.222 di Kecamatan Sumbawa. Usaha ternak sapi di Kecamatan Sumbawa Kabupaten Sumbawa layak untuk dikembangkan. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai rata-rata B/C Ratio sebesar 1,45.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kontribusi, Sapi Bali, dan Pendapatan Peternak
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:56
Last Modified: 29 Aug 2023 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42373

Actions (login required)

View Item View Item