KOMUNIKASI PEMASARAN AGEN LPG (LIQUID PETROLEUM GAS) BRIGHT GAS 5,5 KG DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR (STUDI PADA PT. ASA MANDIRI GASA UTAMA)

JIHAN, AULAWIA (2023) KOMUNIKASI PEMASARAN AGEN LPG (LIQUID PETROLEUM GAS) BRIGHT GAS 5,5 KG DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR (STUDI PADA PT. ASA MANDIRI GASA UTAMA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JIHAN AULAWIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL JIHAN AULAWIA.pdf

Download (500kB) | Preview

Abstract

PT. Asa Mandiri Gasa Utama merupakan salah satu distributor LPG di Kabupaten Lombok Timur. Sebagian besar masyarakat rumah tangga memilih menggunakan gas 3 Kg (gas bersubsidi) dibandingkan Bright gas 5,5 kg (gas non subsidi) karena harganya jauh lebih murah atau terjangkau. Akan tetapi, pada tabung gas 3 kg sudah diberikan tulisan “hanya untuk masyarakat miskin”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pemasaran Bright gas 5,5 Kg dan kendala-kendala yang dihadapi PT. Asa Mandiri Gasa Utama. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling dengan 7 informan yaitu Asisten 1 Pangkalan, 3 Karyawan dan 3 Pelanggan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan kriteria kredibilitas dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan PT. Asa Mandiri Gasa Utama menggunakan alat-alat bauran pemasaran (Marketing Mix) yaitu 4P dalam pemasarannya Price (Harga), Product (Produk), Place (Tempat) dan Promotion (Promosi). Adapun promosi menggunakan komunikasi pemasaran direct markerting dan personal selling baik di pangkalan maupun dengan nganvas. Aktivitas komunikasi pemasaran PT. Asa Mandiri Gasa Utama ini efektif dalam proses pemasaran karena adanya feedback positif pada penggunaan Bright gas 5,5 Kg di Kabupaten Lombok Timur. Kendala yang dihadapi PT. Asa Mandiri Gasa Utama berasal dari perusahaan sendiri maupun faktor eksternal seperti kemunculan agen-agen LPG baru.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komunikasi pemasaran, bauran pemasaran, Bright gas 5,5 kg
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:56
Last Modified: 29 Aug 2023 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42375

Actions (login required)

View Item View Item