ANALISIS YURIDIS PROGRAM JAMINAN KEMATIAN (JKM) PADA PROGRAM BPJS KETENAGAKERJAAN MENURUT PERATURAN PEMERINTAH NO. 44 TAHUN 2015

JUNI HARDI, RIZKIAWAN (2023) ANALISIS YURIDIS PROGRAM JAMINAN KEMATIAN (JKM) PADA PROGRAM BPJS KETENAGAKERJAAN MENURUT PERATURAN PEMERINTAH NO. 44 TAHUN 2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX JUNI HARDI RIZKIAWAN (D1A019283).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL JUNI HARDI RIZKIAWAN (D1A019283) 2.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (540kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan program Jaminan Kematian (JKM) pada program BPJS Ketenagakerjaan dan untuk mengetahui bagaimana tanggungjawab BPJS Ketenagakerjaan terhadap peserta dan ahli waris program Jaminan Kematian (JKM) berdasar pada Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian hukum normatif. Simpulan hasil penelitian ini Pertama, Pengaturan program Jaminan Kematian (JKM) telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian, terkhususnya mengenai program Jaminan Kematian (JKM) telah diatur mengenai kepesertaan dan tata cara pendaftaran, besarnya iuran dan tata cara pendaftaran, manfaat dan tata cara pembayaran jaminan, sanksi administratif, dan pengawasan ketenagakerjaan dan berkaitan dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI No. 5 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Dan Jaminan Hari Tua. Kedua, BPJS Ketenagakerjaan memiliki tanggung jawab kepada peserta terkhususnya pada program JKM, BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan manfaat apabila terjadi resiko yang tidak terduga yang dialami oleh tenaga kerja yang telah terdaftar sebagai peserta JKM BPJS Ketenagakerjaan dapat di cover oleh BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan tingkatan kebutuhan keperawatannya. Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan hak peserta JKM walaupun peserta atau pengusaha menunggak iuran JKM sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jaminan Kematian, BPJS Ketenagakerjaan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:56
Last Modified: 29 Aug 2023 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42376

Actions (login required)

View Item View Item