GOOGLE NMT AND YANDEX NMT DIFFERENCESINCLARITY AND NATURALNESS OF TRANSLATINGENGLISHTEXT INTO INDONESIAN: A COMPARATIVE STUDYONMACHINE TRANSLATIONS

ANGGUN CITRA, SASMI (2023) GOOGLE NMT AND YANDEX NMT DIFFERENCESINCLARITY AND NATURALNESS OF TRANSLATINGENGLISHTEXT INTO INDONESIAN: A COMPARATIVE STUDYONMACHINE TRANSLATIONS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Thesis ANGGUN CITRA SASMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ANGGUN CITRA SASMI.pdf

Download (702kB) | Preview

Abstract

Neural Machine Translation (NMT) telah muncul sebagai teknologi transformatif, merevolusi cara kita berinteraksi dan berkomunikasi di duniamultibahasa. Studi ini menyajikan analisis komparatif dari dua sistemNMTterkemuka, Google Translate (GNMT) dan Yandex Translate (YNMT), fokuspada kemampuan masing-masing dalam menerjemahkan teks bahasa Inggris kebahasa Indonesia sambil mengevaluasi kejelasan dan kealamian terjemahan. Metode deskriptif kualitatif diterapkan dalam penelitian ini. Analisismengungkapkan bahwa GNMT menunjukkan tingkat kealamian dan kejelasanyang unggul daripada YNMT berdasarkan analisis tiga jenis teks, teks prosedural, teks naratif, dan teks deskriptif. Khususnya, kedua NMT menunjukkanpeningkatan kualitas dalam menerjemahkan teks, namun GNMT secara konsistenmempertahankan keunggulannya atas YNMT dalam hal kualitas terjemahan. Secara keseluruhan, studi komparatif ini memberikan kontribusi berharga padabidang mesin penerjemah, memberikan wawasan berharga tentang variasi kinerjaGNMT dan YNMT dalam konteks penerjemahan bahasa Inggris ke bahasaIndonesia. Diharapkan penelitian ini akan merangsang penyelidikan lebih lanjut, yang pada akhirnya mendorong domain NMT ke arah terjemahan yang lebihakurat, jelas, dan alami di berbagai bahasa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Neural Machine Translation, Google Translate, Yandex Translate, kejelasan, kealamian
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:56
Last Modified: 29 Aug 2023 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42382

Actions (login required)

View Item View Item