ANALISIS PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETERNAK DAN KONTRIBUSI USAHA TERNAK SAPI POTONG SEBELUM DAN PADA SAAT MEREBAKNYA WABAH PMK DI KECAMATAN LEMBAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

LISA KURNIA, SARI (2023) ANALISIS PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETERNAK DAN KONTRIBUSI USAHA TERNAK SAPI POTONG SEBELUM DAN PADA SAAT MEREBAKNYA WABAH PMK DI KECAMATAN LEMBAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_LISA_KURNIA_SARI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL LISA KURNIA SARI.pdf

Download (713kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pendapatan usaha ternak sapi potong dan kontribusi terhadap pendapatan keluarga sebelum dan pada saat merebaknya wabah PMK di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2023 dengan metode survey dan wawancara. Penentuan sampel responden dilakukan secara purposive yaitu diambil 50 peternak sebagai responden. Variabel yang diamati terdiri dari variable pokok dan variabel penunjang. Analisis yang digunakan adalah deskriptif untuk mengetahui pendapatan dan kontribusi usaha ternak sapi terhadap pendapatan keluarga di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pendapatan bersih sebelum PMK dari usaha ternak sapi rata-rata Rp. 5.939.827 sedangkan pada saat PMK dengan rata-rata Rp.2.158.670 (2) kontribusi usaha ternak sapi terhadap pendapatan keluarga sebelum PMK adalah 43,91% sedangkan pada saat PMK 54,27%. Kelayakan finansial usaha ternak sapi dengan B/C ratio sebesar 3,26 sebelum PMK dan pada saat PMK sebesar 1,84 dengan demikian usaha ternak sapi di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat layak untuk dilanjutkan dan dikembangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendapatan, Kontribusi, Ternak sapi, Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:09
Last Modified: 30 Aug 2023 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42390

Actions (login required)

View Item View Item