FORMULASI PUPUK ORGANIK CAIR (POC) BERBASIS LIMBAH CAIR TAHU DAN ECENG GONDOK (Eichornia crassipes) DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK AKAR KANGKUNG PAGAR (Ipomoea carnea)

MUSTIKA, SILVIA (2023) FORMULASI PUPUK ORGANIK CAIR (POC) BERBASIS LIMBAH CAIR TAHU DAN ECENG GONDOK (Eichornia crassipes) DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK AKAR KANGKUNG PAGAR (Ipomoea carnea). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FULL-MUSTIKA SILVIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL-MUSTIKA SILVIA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pupuk Organik Cair (POC) adalah pupuk berbentuk cair dengan bahan baku berasal dari sisa-sisa mahluk hidup seperti sayuran, hewan, kotoran ternak, dan sebagainya. Limbah cair tahu dan eceng gondok (Eichornia crassipes (Mart.) Solms.) merupakan bahan yang banyak dimanfaatkan menjadi POC dikarenakan kandungan zat organik yang tinggi membuatnya berpotensi menyediakan hara essensial yang dibutuhkan tanaman. Kangkung pagar (Ipomoea carnea Jacq.) adalah jenis gulma yang akarnya diduga memiliki potensi dalam pembentukkan zat Growth Promoting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak akar kangkung pagar terhadap kandungan unsur hara POC dan pertumbuhan pakcoy (Brassica rapa L.). Penelitian dilakukan pada bulan Januari hingga Maret 2022 di Green House Desa Apitaik, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan ekstrak akar kangkung pagar yang diberikan pada masing-masing POC yaitu F0 : 0 %, F1 : 2 %, F2 : 4 %, dan F3 : 6 %. Variabel yang diukur adalah pertumbuhan tanaman pakcoy meliputi jumlah daun, tinggi tanaman, dan berat basah tanaman. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis of varians (ANOVA) dengan uji lanjut menggunakan uji BNT (Beda Nyata Terkecil) 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kadar Nitrogen total tidak berpengaruh terhadap pertambahan esktrak akar kangkung pagar yang diberikan. Sedangkan kadar hara P2O5 dan K2O berkurang seiring bertambahnya ekstrak akar kangkung pagar yang diberikan. Diduga karena adanya peran metabolit sekunder berupa alkaloid dan flavonoid yang ada pada ekstrak akar kangkung pagar. Perlakuan yang paling efektif berdasarkan beberapa parameter yang diukur adalah perlakuan F3 dengan penambahan ekstrak akar kangkung pagar sebanyak 6%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pupuk Organik Cair, Limbah Cair Tahu, Eceng Gondok, PGPR, Ipomoea carnea Jacq., Brassica rapa L.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:09
Last Modified: 30 Aug 2023 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42407

Actions (login required)

View Item View Item