ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PENYIARAN LPP RRI MATARAM DI ERA DIGITAL DALAM MEMPROMOSIKAN MOTOGP DI SIRKUIT MANDALIKA LOMBOK 2022

BAIQ YULIA RIZKIA, WULANDARI (2023) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PENYIARAN LPP RRI MATARAM DI ERA DIGITAL DALAM MEMPROMOSIKAN MOTOGP DI SIRKUIT MANDALIKA LOMBOK 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ YULIA RIZKIA WULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
jurnal skripsi baiq yulia rizkia wulandari.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

RRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik yang independen, netral dan tidak komersial yang berfungsi memberikan pelayanan siaran informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol sosial, serta menjaga citra positif bangsa di dunia internasional. RRI Mataram sebagai lembaga penyiaran milik negara harus mampu menjalankan perannya sebagai media promosi untuk memperkenalkan keindahan serta keunikan yang dimiliki daerah dan dalam hal ini berkaitan dengan perhelatan MotoGP. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi penyiaran RRI Mataram di era digital dalam mempromosikan MotoGP di Sirkuit Mandalika 2022, menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis faktor menyusun strategi menurut Marhaeni Fajar (2009: 14) yaitu mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, dan pemilihan media komunikasi. Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, RRI Mataram melakukan strategi penyiarannya dengan melakukan proses pengenalan khalayak dengan mengeneralisasi karakter khalayaknya sebagai masyarakat umum yang awam terhadap informasi yang disampaikan. Kemudian proses penyusunan pesan dilakukan saat rapat redaksi yang dilakukan oleh bidang pemberitaan. Informasi tersebut kemudian disampaikan dengan metode informatif, edukatif, dan persuasif. Adapun media digital yang digunakan dalam menyebarluaskan informasi terkait MotoGP pada 2022 lalu yaitu dengan menggunakan akun website RRI, aplikasi RRI Play Go, dan akun youtube.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi komunikasi penyiaran, RRI Mataram, Era digital, MotoGP
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:09
Last Modified: 30 Aug 2023 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42410

Actions (login required)

View Item View Item