ANALISIS FAKTOR RISIKO KEJADIAN TUMOR TIROID PADA KLASTER KELUARGA DI DAERAH PESISIR PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT Diajukan sebagai Syarat Meraih Gelar Sarjana pada Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

Athalita Andhera, Nabil (2023) ANALISIS FAKTOR RISIKO KEJADIAN TUMOR TIROID PADA KLASTER KELUARGA DI DAERAH PESISIR PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT Diajukan sebagai Syarat Meraih Gelar Sarjana pada Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Publikasi KTI_Athalita Andhera Nabil.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img]
Preview
Text
KTI Athalita Andhera Nabil (H1A020015).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Neoplasia adalah suatu pertumbuhan jaringan baru dalam tubuh yang pertumbuhannya tidak terkendali, disebabkan oleh mutasi gen yang tidak terkontrol. Salah satu neoplasia endokrin yang mendominasi adalah neoplasia tiroid. Faktor risiko pada tumor tiroid meliputi usia, tempat tinggal, sosial ekonomi, dan iodine intake. Pada penelitian ini mengambil sampel keluarga beresiko tumor tiroid sebesar 6,1% yang bertempat tinggal di pesisir Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan angka kejadian sebesar 0,85 per 100 penduduk. Metode: Analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu rule of thumb dengan jumlah sampel 50 orang yang sesuai dengan kriteria inklusi. Penelitian ini menggunakan google form yang berisikan rangkain kuesioner dan wawancara singkat. Uji hipotesis menggunakan uji fisher dengan nilai probabilitas (p) < 0,05 dan regresi logistik Hasil: Iodine intake dan usia memiliki hubungan dengan kejadian tumor tiroid, sedangkan Water Iodine Concentration (WIC) dan sosial ekonomi tidak memiliki hubungan dengan nilai p value 0,038, 0,009, 0,126, dan 0,129. Faktor risiko yang paling berpengaruh adalah iodine intake dengan nilai OR/exp. B sebesar 243.132.352.0. Nilai probabilitas masingmasing anggota keluarga dengan faktor risiko yaitu 59% dan tidak dengan faktor risiko 0%. Simpulan: Faktor risiko yang berpengaruh dengan kejadian tumor tiroid dalam klaster keluarga pada penelitian ini adalah iodine intake dan usia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tumor tiroid, faktor risiko, klaster keluarga, daerah pesisir
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:30
Last Modified: 30 Aug 2023 04:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42420

Actions (login required)

View Item View Item