PENGARUH PERBANDINGAN RUMPUT PAKCHONG DAN LAMTORO TERHADAP PERTUMBUHAN DAN EFISIENSI PAKAN BIBIT KAMBING KACANG DI SAMAWA GLOBAL FARM LAPE SUMBAWA

RAHMAD, HIDAYAT (2023) PENGARUH PERBANDINGAN RUMPUT PAKCHONG DAN LAMTORO TERHADAP PERTUMBUHAN DAN EFISIENSI PAKAN BIBIT KAMBING KACANG DI SAMAWA GLOBAL FARM LAPE SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi RAHMAD HIDAYAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL RAHMAD HIDAYAT.pdf

Download (540kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2023 hingga Juni 2023 di CV Samawa Global Farm (SGF) dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi tentang tingkat konsumsi bibit kambing kacang yang diberi pakan rumput pakchong dan lamtoro serta mengumpulkan informasi mengenai pertambahan bobot badan kambing, konversi dan efisiensi pakan. Penelitian ini menggunakan 16 ekor bibit kambing kacang yang di bagi menjadi 4 perlakuan dan 4 ulangan. Masing – masing perlakuan terdapat ternak yang mempunyai bobot badan berbeda-beda (berat, sedang, rendah, dan paling rendah). Masing – masing perlakuan juga diberikan pakan rumput pakchong dan lamtoro dengan level yang berbeda. PI: 30% Lamtoro + 70% Rumput Pakchong, PII: 40% Lamtoro + 60% Rumput Pakchong, PIII: 50% Lamtoro + 50% Rumput Pakchong, PIV: 60% Lamtoro + 40% Rumput Pakchong. Pertambahan bobot badan kambing terbesar berada pada PIV dengan 60% Lamtoro + 40% Rumput Pakchong. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pertambahan bobot badan kambing dipengaruhi oleh jenis pakan yang diberikan yang dimana pada PIV lebih dominan pemberian pakan lamtoro dibandingkan rumput pakchong.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kambing Kacang, Rumput Pakchong, Lamtoro, CV Samawa Global Farm (CV SGF).
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:30
Last Modified: 30 Aug 2023 04:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42421

Actions (login required)

View Item View Item