PERAN LEMBAGA PROGRAM ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMUDA DI DESA SELAT KABUPATEN LOMBOK BARAT

Rudi, Siswandi (2023) PERAN LEMBAGA PROGRAM ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMUDA DI DESA SELAT KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RUDI SISWANDI_E1B020137.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
21509-61980-1-PB.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran lembaga program Zakat Community Development, kreativitas Pemuda desa Selat kabupaten Lombok Barat, dan peran lembaga program Zakat Community Development dalam meningkatkan kreativitas pemuda di desa Selat kabupaten Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis survei. Sujek penelitian ini adalah ketua program atau biasa disebut sahabat zakat pada lembaga program Zakat Community Development desa Selat kabupaten Lombok Barat. Informan dalam penelitian ini adalah pemuda dan masyarakat desa Selat yang memiliki keterlibatan dengan Zakat Community Development. Informan penelitian ini ditentukan dengan pertimbangan tertentu sehingga data dari informan tidak sembarangan atau biasa disebut dengan tekni purposive sampling. Pengumpulan dataa dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang berlangsung dengan empat siklus yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa lembaga program Zakat Community Development (ZCD) memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kreativitas pemuda di desa Selat kabupaten Lombok Barat, hal ini dapat dilihat dari komitmen ZCD dalam memfasilitasi pembiayaan, pemanfaatan sumber daya alam, pelatihan dan pembinaan, dapat dilihat pula pada produk kreatif yang dihasilkan oleh pemuda.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Program Zakat Community Development, Pemuda, Kreativitas Pemuda
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:30
Last Modified: 30 Aug 2023 04:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42425

Actions (login required)

View Item View Item