PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN TEKNIK MENERUSKAN TULISAN PADA SISWA KELAS VIII MTs. NW JOHAR PELITA KECAMATAN GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

ASSUJUDIAH, SITI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN TEKNIK MENERUSKAN TULISAN PADA SISWA KELAS VIII MTs. NW JOHAR PELITA KECAMATAN GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
COVER.doc
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
edit PTK MENULIS BERITA NEW 1.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
edit PTK .rtf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kurangnya Keterampilan menulis teks berita siswa MTs. NW Johar disebabkan oleh faktor ketidaktepatan pemilihan pendekatan pembelajaran yang digunakan guru. Pendekatan yang digunakan oleh guru masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan sehingga ceramah menjadi pilihan utama dalam pembelajaran tersebut dan kurangnya pemamfaatan media pembelajaran. Faktor lain yang berasal dari siswa adalah kurangnya motivasi untuk menulis teks berita dan siswa merasa kesulitan untuk menuangkan ide kedalam bentuk tulisan. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII MTs. NW Joharpelita setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik meneruskan tulisan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. NW Johar Pelita. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu pelaksanan siklus I dan pelaksanaan siklus II. Pada tiap-tiap siklus dilakukan beberapa prosedur tindakan meliputi: 1) perencanaan tindakan; 2) pelaksanaan tindakan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Data kualitatif dianalisis dengan metode tes, observasi dan dokumentasi, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus nilai akhir, ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata. Keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII MTs. NW Johar Pelita menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran dengan teknik meneruskan tulisan. Hal ini dapat diketahui dari hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 17 siswa yang belum tuntas meningkat pada siklus II sebanyak 24 yang tuntas belajar dari jumlah siswa sebanyak 25 orang. Peningkatan nilai rata-rata siswa dari 48,17 pada siklus I meningkat menjadi 65,49 pada siklus II, sehingga persentase peningkatannya sebesar 36,8%. Sedangkan peningkatan persentase ketuntasan belajar kelasikal sebesar 28% pada siklus I yang meningkat menjadi 96% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya menggunakan pembelajaran dengan teknik meneruskan tulisan dalam kegiatan menulis teks berita. Kemudian, siswa supaya mengikuti pembelajaran dengan baik dan berlatih menulis khususnya teks berita.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): keterampilan menulis teks berita, pemodelan (modeling), teknik meneruskan tulisan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 May 2018 04:42
Last Modified: 24 May 2018 04:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4243

Actions (login required)

View Item View Item